Senin, 12 Desember 2016 08:15 WITA

Guru Dapat Pakasi, PGRI Sulsel: Harus Bisa Lebih Baik

Editor: Andi Chaerul Fadli
Guru Dapat Pakasi, PGRI Sulsel: Harus Bisa Lebih Baik

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pemerintah Provinsi dan DPRD Sulawesi Selatan sepakat untuk memberikan pakasi bagi guru SMA/SMK sederajat yang dialihkan ke Pemerintah Provinsi Sulsel.

Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Sulawesi Selatan, Prof Wasir Thalib memastikan pemberian pakasi tidak akan menuai masalah. 

"Itu (pakasi) tidak akan menuai masalah karena Ketua DPRD dan Komisi Pendidikan mengatakan bahwa pakasi itu adalah menggunakan anggaran tidak langsung," ujar Prof Wasir, Senin (12/12/2016).

Pakasi yang diberikan diharapkan bisa memotivasi guru-guru untuk meningkatkan kinerjanya. Karena melalui pakasi ini, kata dia, merupakan bentuk keseriusan pemerintah menyejahterakan guru.

"Jangan ada lagi alasan untuk tidak bekerja dengan baik sebagai guru," jelasnya.

Guru SMA/SMK sederajat yang telah dialihkan ke Pemprov Sulsel akan mendapatkan tunjangan pakasi sebesar Rp200 ribu perbulannya. Meski nilainya jauh dari Pakasi pegawai pemprov, namun sudah dianggap adil. 

Karena pemerintah menilai guru masih memiliki tunjangan sertifikasi. Lagi pula ini masih berupa tahap awal. Sehingga masih dapat dinaikkan sesuaikan dengan kondisi keuangan provinsi.