09 December 2016 13:08 WITA

Kejari Toraja Klaim Selamatkan Rp632 Juta Uang Negara

Editor: Almaliki
Kejari Toraja Klaim Selamatkan Rp632 Juta Uang Negara

RAKYATKU.COM, TORAJA  - Di Hari Anti Korupsi Internasional (HAKI), Kejaksaan Negeri (Kejari) Makale mengklaim telah menyelamatkan uang negara sebesar Rp632,5 juta. Angka tersebut ditotal dari beberapa kasus korupsi yang ditangani oleh Kejari Makale, sepanjang 2016.

"Penyelidikan 2 kasus, penyidikan 2 kasus, penuntutan 7 dan sudah eksekusi 5 kasus. Pelaku di antaranya mantan anggota DPRD Tana Toraja dan Torut, PNS. Total kerugian negara Rp632 juta," beber Kepala Kejaksaan Negeri Makale, Jaka Suparna, Jumat (9/12/2016).

Pada 2017 nanti, ia berharap pihaknya lebih mengedepankan pendekatan persuasif untuk mengawal pembangunan Pemerintah Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara dalam perkaranya. Serta lebih memprioritaskan sosialisasi dan penyuluhan, dan pendampingan dalam pelaksanaan APBD 2017.

"Mencegah upaya penyalahgunaan uang negara. Kami akan serius dalam mengawal program Pemkab," jelas kajari.

Peringatan HAKI sendiri dilaksanakan Kejari Makale dengan turun ke jalan membagikan baju kaos dan stiker kepada masyarakat. Upaya ini sebagai ajakan kepada masyarakat Toraja, untuk ikut terlibat memerangi korupsi di Bumi Lakipadada.