02 December 2016 15:59 WITA

Begal Sadis Beraksi, Keroyok Korban dan Bawa Kabur 1 Kg Emas

Editor: Vkar Sammana
Begal Sadis Beraksi, Keroyok Korban dan Bawa Kabur 1 Kg Emas

RAKYATKU.COM - Tim gabungan Kepolisian Resor Mamuju Utara, Sulawesi Barat, berhasil menangkap dua kawanan pelaku pencurian dengan kekerasan (curas) alias begal 1 Kg emas, yakni SH dan SD. Sementara, 2 pelaku lainnya, IW dan AA, masih diburu oleh petugas kepolisian.

Penangkapan tersebut berawal ketika para pelaku yang berjumlah 4 orang, berangkat dari Palu, Sulteng, dan tiba di Pasangkayu untuk mengawasi rumah korban bernama Akhmad (42). 

Setelah korban keluar rumah hendak menuju Pasar Bambalamotu sekitar pukul 07.00 Wita untuk menjual emas dengan mengendarai sepeda motor, keempat pelaku langsung mengikuti korban dari belakang.

Saat sampai di Desa Polewali, para pelaku sengaja menabrak motor korban dari belakang dengan menggunakan mobil Avanza berwarna hitam DW 777 IB. Setelah itu, salah satu pelaku turun dan berpura-pura meminta maaf.

Melihat korbannya lengah, pelaku yang lainnya turun dan langsung memukul korban dengan memakai kayu secara bertubi-tubi hingga akhirnya korban tersungkur. Kemudian, para pelaku merampas tas korban yang berisi emas dan uang tunai.

Selanjutnya pelaku melarikan diri menggunakan mobil Avanza tersebut. Namun, saat sampai di Kelurahan Bambalamotu, mobil pelaku menabrak sebuah rumah karena pelaku yang mengemudikan mobil hilang kendali.

Melihat kecelakaan tersebut, masyarakat sekitar berdatangan dengan maksud ingin menolong para penumpang yang berada dalam mobil. Namun, karena takut, para pelaku melarikan diri ke arah hutan sehingga masyarakat menghubungi polisi dan bersama-bersama melakukan pengejaran.

Berselang 1 jam setelah kejadian, personel gabungan Polres Mamuju Utara berhasil meringkus 2 pelaku dan langsung diamankan di Polres Matra guna pengembangan lebih lanjut.

Saat diringkus oleh Polres Matra masyarakat geram dan beramai-ramai menghujani pukulan ke arah pelaku.

Atas kejadian tersebut, korban mengalami luka lebam karena pukulan serta mengalami kerugian uang sebesar Rp9 juta dan emas seberat 1 Kg dalam bentuk perhiasan dengan jumlah taksiran kerugian sekitar Rp500 juta.