Sabtu, 26 November 2016 13:33 WITA

Bareskrim Polri Tangkap Penyebar Ajakan Rush Money Lewat Sosmed

Editor: Sulaiman Abdul Karim
Bareskrim Polri Tangkap Penyebar Ajakan Rush Money Lewat Sosmed
Boy Rafli Amar

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Bareskrim Polri menangkap seorang pria berinisial Abu Uwais yang diduga menyebarkan ajakan penarikan dana besar-besaran dari perbankan (rush money) melalui media sosial.

Abu Uwais ditangkap oleh Subdit Cybercrime Bareskrim Polri di kawasan Pejagalan, Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis (24/11/2016) lalu.
 
Abu Uwais diketahui adalah seorang guru SMK di Pluit, Jakarta Utara. Hal tersebut disampaikan Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Boy Rafli Amar dalam press konferens, Sabtu (26/11/2016). "Menangkap AR alias Abu Uwais, pelaku penyebar isu rush money," kata Boy. 

Diterangkan Boy, ajakan melakukan rush money dilakukan lewat akun facebooknya pria 31 tahun itu. "Ini provokatif. Di akun facebooknya, dia menulis 'Ayo ambil uang kita dari bank milik komunis'. Ini tidak mendidik masyarakat dan atas dasar unggahan ini, penyidik menangkap pelaku," terang Boy. 

loading...

Boy melanjutkan, Abu Uwais mengaku iseng dan telah membuat pernyataan minta maaf. "Tindakan tersangka telah menimbulkan keresahan di masyarakat. Jangan lakukan hal begini lagi. Di mana pun Anda berada, Anda akan ketahuan dan kita bisa deteksi orang seperti Anda. Kalau Anda di dalam negeri akan kita tangkap dan kalau di luar negeri, kita akan bekerja sama dengan Interpol,” tegas Boy.
 
Bareskrim Polri, masih menurut Boy, juga masih terus melakukan penyelidikan untuk mencari aktor intelektual dari kasus tersebut. Menurutnya, sedikitnya ada 70 akun sosial media yang teridentifikasi menyebarluaskan isu tersebut.

Loading...
Loading...