Sabtu, 26 November 2016 12:56 WITA

Ketika Jokowi Tertawa Dengar Nama Ikan Tuing-tuing

Penulis: Al Khoriah Etiek Nugraha
Editor: Sulaiman Abdul Karim
Ketika Jokowi Tertawa Dengar Nama Ikan Tuing-tuing
Presiden RI Joko Widodo, saat memberikan sambutan di hadapan nelayan-nelayan di Pelabuhan Perikanan Untia yang baru saja diresmikan, Sabtu (26/11/2016). Turut mendampingi Jokowi, Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo dan Walikota Makassarm Danny Pomanto.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Presiden RI Joko Widodo membuat warga tak sanggup menahan tawa,  mewawancarai salah satu nelayan, di peresmian Pelabuhan Perikanan Untia Makassar, Sabtu (26/11/2016).

Gara-garanya, Jokowi mendengarkan jawaban nama-nama ikan yang biasa ditangkap nelayan di Makassar.

Nelayan itu menyebut ikan tuing-tuing diantara sepuluh nama ikan yang diketahuinya. "Ikan tuing-tuing?  Apa itu? Beneran ada ikan itu?" tanya Jokowi yang disambut gelak tawa audience. Saat dijelaskan, bahwa ikan tuing-tuing adalah ikan terbang, giliran Jokowi yang tertawa. 

Ikan tuing-tuing sendiri menjadi komoditi utama yang ditangkap nelayan di Makassar. Selain dagingnya, telur ikan tuing-tuing bernilai ekonomis sangat tinggi.  

Ketika Jokowi Tertawa Dengar Nama Ikan Tuing-tuing

Awalnya, Jokowi memberikan sambutan terkait pesan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastusi, agar tidak ada lagi nelayan yang menggunakan metode berbahaya dalam melakukan penangkapan ikan. Khususnya orang Sulsel yang cukup "brutal" dalam menangkap ikan.

Sebelumnya, Presiden RI keenam ini meminta agar salah satu nelayan setempat maju ke panggung, tepat disamping ia berdiri memberikan sambutan. Salah seorang nelayan paruh baya pun mengajukan diri.

Ketika Jokowi Tertawa Dengar Nama Ikan Tuing-tuing

loading...

Saat nelayan tersebut berada tepat disampingnya, Jokowi menyatakan akan memberikan kuis pada nelayan berbaju kaos putih yang ada disampingnya. "Coba sebutkan. Apa tiga cara penangkapan ikan yang dilarang, dan sudah disampaikan oleh bu Susi?," tanya Jokowi.

Nelayan yang entah siapa namanya itu pun menyebutkan tiga metode yang dimaksud. Yakni dilarang melakukan pengeboman ikan, dilarang membius, dan menyetrum.

Pada kesempatan tersebut, Jokowi mengatakan,  besar harapannya terhadap pelabuhan yang baru terbangun tersebut. Begitupula dengan kepatuhan nelayannya dalam menangkap ikan.

"Ingat loh, ibu Susi sudah bilang apa yang tidak boleh dilakukan. Kalau masih ada yang ngebom, awas saja," kata Jokowi,  halus namun tetap tegas.

Setelah memberikan arahan secara formal, Jokowi yang didampingi menteri Susi dan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, menyambangi nelayan yang berada diatas perahu.

Terlihat Jokowi yang menggunakan kemeja putih lengan panjang ini berinteraksi dengan para nelayan. Entah apa yang dibicarakan. Tetapi sesekali nelayan-nelayan tersebut tertawa kecil mendengar kata-kata Jokowi. 

Ketika Jokowi Tertawa Dengar Nama Ikan Tuing-tuing

Tags
Loading...
Loading...