Sabtu, 26 November 2016 09:52 WITA

473 Minimarket di Makassar Tak Berizin, Alfamart Mendominasi

Penulis: Sartika Marzuki
Editor: Sulaiman Abdul Karim
473 Minimarket di Makassar Tak Berizin, Alfamart Mendominasi
Penyegelan minimarket Alfamart di Makassar belum lama ini. (dok)

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Makassar terus melakukan pendataan terhadap minimarket yang tidak memiliki izin usaha lengkap.

Kepala Bidang Perdagangan dan Pengawasan Disperindag Makassar, Muhammad Fadli mengatakan, jumlah minimarket di Kota Makassar yang belum mengantongi izin lengkap mencapai 473 unit.

"Yang paling banyak bermasalah dan rata-rata tidak memiliki izin lengkap, baik Surat Izin Usaha Dagang (Situ) atau Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), maupun surat izin lainnya adalah Alfamart, yakni sebanyak 197 unit toko," kata Fadly pada Rakyatku.com, Sabtu (26/11/2016).

Berita Terkait
*Tak Punya Izin Pendirian, Enam Alfamart Disegel di Bulukumba
*Tak Berizin, Disperindag Makassar Segel Alfamart KS Tubun

Fadly menambahkan, dari 197 unit Alfamart, ada 47 unit SITU dan SIUP-nya kadaluarsa dan belum diperbaharui. Sedangkan 20 unit lainnya telah dinyatakan ilegal karena tidak mengantongi izin.

"Selanjutnya Indomaret 176 unit, Alfamidi 64 unit, dan Circle K 16 unit," ungkapnya.

loading...

473 Minimarket di Makassar Tak Berizin, Alfamart Mendominasi

Menindaklanjuti temuan tersebut, maka petugas pengawas Disperindag akan segera melakukan penutupan usaha apabila pihak mini market tidak bisa memperlihatkan izinnya.

"Kami akan melakukan penindakan tanpa pandang bulu. Apabila ada pihak yang membangkang dengan tetap menjalankan usahanya, maka akan ditindak secara hukum," tegasnya.

Menyusul adanya sanksi tersebut, Fadly berharap para pengusaha yang selama ini tidak memiliki izin mau memperlihatkan itikad baik untuk segera membuat izin sebelum kembali membuka usahanya.

473 Minimarket di Makassar Tak Berizin, Alfamart Mendominasi

Loading...
Loading...