Kamis, 24 November 2016 09:00 WITA

Pasar Sabtu Digusur, Danny: Silakan Bikin Proposal Lalu Bawa ke Saya

Penulis: Sartika Marzuki
Editor: Andi Chaerul Fadli
Pasar Sabtu Digusur, Danny: Silakan Bikin Proposal Lalu Bawa ke Saya
Walikota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto (kanan)

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pasar Sabtu yang dikelola beberapa pemuda dibongkar Pemerintah Kota Makassar, Sabtu pekan lalu. Walikota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto sejatinya mendukung kegiatan di ruas jalan depan tugu Taman Indosat itu.

"Sebenarnya kami dari Pemerintah Kota (Pemkot) tidak pernah masalah jika masyarakat ingin berjualan. Tapi bagaimanapun akan lebih baik jika telah mengantongi izin. Karena penutupan jalan itu memiliki Peraturan Daerah (Perda) dan diatur undang-undang, sehingga kita tidak boleh seenaknya," katanya, Kamis (24/11/2016).

Danny menjelaskan, kegiatan yang dilakukan selama hampir dua tahun di ruas jalan yang jarang dilintasi kendaraan itu masih bisa berlangsung. Dengan syarat, pelapak di Pasar Sabtu membuat izin terlebih dahulu.

"Semua aktifitas yang kita lakukan semua di kota ini ada aturannya. Maka dari itu marilah kita bicara baik-baik, silakan bikin proposal lalu bawa ke saya untuk segera kami pikirkan langkah selanjutnya," jelasnya.

Pasar Sabtu Digusur, Danny: Silakan Bikin Proposal Lalu Bawa ke Saya

Ia mengakui, penertiban yang dilakukan pemerintah Kecamatan Ujung Pandang dilaksanakan tanpa sepengetahuannya. Namun hal tersebut bukan menjadi persoalan karena penindakan pasar yang biasa menjadi area parkir kendaraan itu sudah sesuai aturan yang ada.

Loading...

Upaya pembongkaran Pasar Sabtu dilakukan puluhan personel polisi dan Satpol-PP Makassar pada akhir pekan lalu. Meski demikian, pelapak-pelapak di kawasan itu bertahan.

Hingga saat ini, dukungan terhadap Pasar Sabtu terus mengalir. Baik dari kalangan komunitas pemuda di Makassar hingga di luar kota. Termasuk dari sutradadra, Riri Riza dan penyair, Aan Mansyur.

"Pasar sabtu telah mengelola lokasi lapakan dengan sangat baik. Kami menyiapkan kantong sampah untuk menjaga kebersihan, Kami tak menutup jalan, kami menyiapkan bacaan bagi para pengunjung juga terus menjaga kondisi agar tetap nyaman untuk kami dan para pengunjung," tulis admin akun Instagram @pasar_sabtu empat hari lalu.

Loading...
Loading...