Minggu, 13 November 2016 11:30 WITA

Cuaca Buruk, Harga Rempah-rempah di Pinrang Naik

Penulis: Suardi Digat
Editor: Andi Chaerul Fadli
Cuaca Buruk, Harga Rempah-rempah di Pinrang Naik

RAKYATKU.COM, PINRANG - Harga Kebutuhan pokok di Kabupaten Pinrang merangkak naik. Kenaikan harga komoditi bumbu dapur itu disebabkan faktor cuaca yang mengakibatkan pasokan menurun.

"Komoditi yang merangkak naik itu karena pasokan kurang," ujar Kepala seksi Pengadaan Barang dan Jasa Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Sumber Daya Mineral dan Energi, Sadiri di Pinrang, Minggu (13/11/2016).

Kenaikan harga yang terjadi di sejumlah komoditi, kata dia, masih dalam standar yang wajar karena masih di bawah level 7 persen. "Biasanya kenaikan harga itu tidak berlangsung lama," jelasnya.

Data yang diperoleh menyebutkan, harga komoditi cabai kecil biasa naik Rp5 ribu perkilogram. Dari harga sebelumnya Rp10 ribu menjadi Rp15 ribu. Cabai rawit juga mengalami kenaikan dari Rp30 ribu menjadi Rp35 ribu perkilogram.

loading...

Adapun harga Bawang Merah naik  dari Rp30 ribu menjadi Rp35 ribu dan harga  bawang putih menjadi Rp34 ribu padahal sebelumnya harga pada level Rp32 ribu perkilogram.

Ramlah, salah seorang pedagang mengaku jika faktor cuaca berpengaruh pada pasokan komoditi rempah-rempah yang ada di pasaran. "Memang pasokannya kurang, mungkin karena faktor pengaruh cuaca buruk," kata dia.

Meski mengalami kenaikan kata dia, animo pembeli belum berpengaruh pada kenaikan harga yang terjadi.

Tags
Loading...
Loading...