Jumat, 07 Oktober 2016 22:43 WITA

Pemimpin Berpengaruh, SYL Terima Gelar Doktor HC dari Malaysia

Editor: Andi Chaerul Fadli
Pemimpin Berpengaruh, SYL Terima Gelar Doktor HC dari Malaysia

RAKYATKU.COM - Gubernur Sulsel dua periode, Syahrul Yasin Limpo kembali mengukir prestasi. Sang Komandan, -sapaan akrab SYL- mendapat gelar Doktor Honoris Causa dari chancelor atau Rektor University Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM) Johor, Duli Yang Maha Mulia Sultan Ibrahim Ibni Almarhum Sultan Iskandar.

Jika tak ada halangan, gelar Doktor HC kepada SYL diserahkan langsung Sultan Johor, Sultan Ibrahim, Sabtu (8/10/2016). 

Selain Sultan Johor, pemberian gelar penghormatan ini juga akan dihadiri Pro-Chancelor UTHM, Duli Yang Amat Mulia Tengku Ismail Ibni Sultan Ibrahim. Tengku Ismail merupakan putra mahkota Kesultanan Johor. 

Demikian pula, Sekretaris Negara Kesultanan Johor Yang Berbahagia Tan Sri Dr Ali Hamsa, serta Naib Chancellor (wakil rektor dan pelaksana tugas rektor) Yang Berbahagia Prof Datuk Dr Mohd Noh bin Dalimin.

Pemimpin Berpengaruh, SYL Terima Gelar Doktor HC dari Malaysia

Sebelum menerima penghargaan, SYL dijadwalkan bertemu dengan Perdana Menteri Malaysia, Najib Tun Razak di Kuala Lumpur. 

Dalam penyerahan penghargaan ini, Syahrul didampingi Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas) Prof Dwia Ariestina, sejumlah dekan Unhas, WR IV UIN, mantan WR III UIN Prof Bahaking, Ketua Senat Akademik Unhas, Prof Thahir Kasnawi, beberapa pejabat Pemprov Sulsel, termasuk sejumlah tim ahli, dan beberapa wartawan.

Sebelum penyerahan penghormatan gelar DR HC itu, SYL akan menyampaikan pidato ilmiah. SYL akan menampilkan karya ilmiah berjudul Kepemimpinan dan Tata Kelola Pemerintahan.

Pemimpin Berpengaruh, SYL Terima Gelar Doktor HC dari Malaysia

Dalam pidatonya nanti, Syahrul akan menyampaikan trik dan strategi memimpin Sulsel menjadi provinsi dengan pertumbuhan PDRB yang stabil di atas 7 persen selama tujuh tahun terakhir. Pertumbuhan itu di atas rata-rata pertumbuhan nasional. 

SYL juga akan mengurai pertumbuhan di negeri maju, berkembang, dan dunia ketiga. Menurut dia, sebenarnya, pertumbuhan suatu negara tidak mesti berpatokan pada pengaruh negara maju.

Kemandirian lokal, kata dia, mutlak menjadi fokus. "Sulsel dengan pertanian dan segala sumber daya yang dimiliki, mampu tumbuh di atas rata-rata nasional. Nah, ini salah satu bukti bahwa kemandirian lokal adalah inti dari pembangunan suatu negara," tegas SYL.

Pemimpin Berpengaruh, SYL Terima Gelar Doktor HC dari Malaysia

Jikapun prosesnya perlu meniru teknologi luar, kata SYL, itu adalah sisi lain penyempurnaan yang dianggap perlu dilakukan dalam percepatan pembangunan. Misalkan, pertanian yang perlu meniru Taiwan atau negara yang tekonologinya lebih bagus. 

loading...

"Tetapi, potensi lokal dengan kemampuan menggerakkan semua yang dimiliki daerah, adalah kunci untuk maju," tambahnya.

Ketua Assosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia dua periode itu menjelaskan, perlu kemampuan pemimpin untuk menggerakkan. Pemimpin yang fokus pada bagaimana menciptakan pelayanan kepada rakyat. 

Pemimpin Berpengaruh, SYL Terima Gelar Doktor HC dari Malaysia

Juga menatakelola pemerintahan sesuai prinsip-prinsip good governance. "Kemampuan pemimpin, juga menjadi faktor penentu," jelasnya.

Tawaran Ketiga
Pemberian gelar penghormatan DR HC dari Malaysia sudah ditawarkan kepada SYL, beberapa waktu lalu. Berdasarkan informasi yang dihimpun Rakyatku.com, ini adalah tawaran ketiga kalinya.

Kala ditawari pertama kali, Sang Komandan sempat menanyakan argumen di balik pemberian gelar DR HC. Figur SYL dinilai sebagai pemimpin berpengaruh menjadi alasan pemberian gelar itu.

Sekadar informasi, pemberian gelar DR HC bagi SYL ini adalah gelar kedua bagi warga berkebangsaan Indonesia dari UTHM. Sebelumnya, Sri Sultan Hamengku Buwono X menerima gelar doktor kehormatan honoris causa dari universitas yang sama.

Pemimpin Berpengaruh, SYL Terima Gelar Doktor HC dari Malaysia

Gelar itu diperoleh Sri Sultan HB X karena berjasa dalam menanggulangi bencana gempa dan letusan gunung merapi di Yogyakarta, beberapa waktu lalu. Pemberian gelar itu terkait peran sentral Gubernur DIY Sri Sultan HB X saat memimpin Yogyakarta. 

Di dalam kepemimpinan Sri Sultan, masyarakat Yogyakarta bisa kembali bangkit membangun kehidupan mereka secara cepat.

Pemimpin Berpengaruh, SYL Terima Gelar Doktor HC dari Malaysia

Pantas Terima Gelar
Kabar pemberian gelar DR HC dari Malaysia kepada Sang Komandan, disambut bahagia sejumlah warga. Mereka merasa gelar itu layak disandang Syahrul. 

"Pak Syahrul itu, pemimpin yang berpengaruh. Ia dicintai rakyatnya. Sehingga, memang, layak untuk mendapatkan penghargaan itu," tandas sejumlah warga saat dimintai tanggapannya.

Loading...
Loading...