Jumat, 09 September 2016 08:34 WITA

F8 adalah Kecepatan Budaya Makassar

Penulis: Trio Rimbawan
Editor: Vkar Sammana
F8 adalah Kecepatan Budaya Makassar
FOTO: OPHIK/RAKYATKU.COM

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto mengatakan, Makassar International Eight Festival and Forum atau F8 adalah kecepatan budaya Makassar.

"Di dunia ini, kita kenal F1 yang merupakan simbol kecepatan mobil dan F16 adalah kecepatan pesawat udara. F8 adalah kecepatan budaya Makassar sekaligus melengkapi 'F' yang lain," ucap Danny saat pembukaan festival internasional yang digelar di Anjungan Pantai Losari, Kamis (8/9).

Danny juga mengatakan, F8 singkatan dari Film, Fashion, Folks, Flora, Fusion Jazz, Fiction Writer, Food, and Fine Art, ini merupakan terbesar di Indonesia sekaligus festival waterfront pertama terbesar di dunia. 

Sepanjang sejarah kata Danny, inilah pertama kalinya ada festival besar yang digelar di waterfront yakni pantai Losari Makassar sekaligus masuk dalam jajaran festival terbesar di dunia. Kegiatan ini dihadiri 20 negara dan 42 kabupaten/kota se-Indonesia.

Kegiatan ini juga mendapat apresiasi tinggi dari Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo (SYL). Bahkan menurutnya, inilah festival terbesar yang pernah ia saksikan.

"Saya belum pernah melihat event sebesar ini. Ini menandakan bahwa pak Wali berhasil mensejajarkan kota Makassar dengan kota-kota terkemuka di Indonesia dan bahkan sejajar dengan kota-kota besar di dunia," ucapnya.

Loading...

F8 adalah Kecepatan Budaya Makassar

FOTO:OPHIK/RAKYATKU.COM

SYL juga mengatakan F8 merupakan festival yang sangat bermanfaat. Karena, Makassar dan Sulsel secara umum memiliki kelebihan sumber daya yang jarang dieksplore secara baik. 

Bersyukur kata SYL wali kota Makassar melalui F8 ini menampilkan keragaman dan kelebihan itu sehingga, melalui acara ini juga diharapkan kesemuanya itu bisa menjadi sajian menarik yang dinikmati seluruh dunia. 

"Apa yang dilakukan pak Danny adalah membangun siri' dan harga diri kota Makassar di mata dunia. Karenanya jaga terus hal ini, tetap kompak agar festival-festival bermanfaat lainnya bisa terus dihadirkan di kota ini," sebutnya.

Loading...
Loading...