Kamis, 08 September 2016 11:50 WITA

Bupati Gowa Dikukuhkan Sebagai Ketua Lembaga Adat Daerah

Editor: Andi Chaerul Fadli
Bupati Gowa Dikukuhkan Sebagai Ketua Lembaga Adat Daerah
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan.(istimewa)

RAKYATKU.COM, GOWA - Bupati Kabupaten Gowa, Adnan Purichta Ichsan resmi dikukuhkan sebagai Ketua Lembaga Adat Daerah (LAD) Gowa. Selanjutnya, Adnan bisa menjalankan fungsi-fungsi Sombayya atau raja.

Selain Adnan, Wakil Bupati Gowa Abdul Rauf Malaganni Karaeng Kio, Sekda Gowa Muchlis dan sejumlah pejabat lainnya ikut dikukuhkan sebagai pengurus LAD di Istana Balla Lompoa, Kamis (8/9/2016). Mereka dikukuhkan Ketua DPRD Gowa, Ansar Zaenal Bate dan Dewan Adat Batesalapang

Baca juga:

Seremoni pengukuhan itu digelar dengan beberapa rangkaian acara adat. Pengukuhan itu ditandai dengan pemasangan Sigara atau hiasan kepala.

Bupati Gowa Dikukuhkan Sebagai Ketua Lembaga Adat DaerahPelantikan Ketua LAD Gowa

"Ini adalah tindak lanjut dari Perda nomor 5 tahun 2016 tentang Penataan Lembaga Adat Daerah," ujar Adnan. Menurutnya, Gowa telah berkembang dengan spirit nilai-nilai sejarah. 

Usai dikukuhkan, Adnan langsung mengukuhkan LAD tingkat kecamatan. Dia menegaskan jika LAD ini dibentuk sebagai upaya pelestarian adat istiadat dan budaya Gowa.

Baca juga: 

loading...

"Lembaga ini akan melihat tantangan yang semakin kompleks," jelasnya. LAD ini, kata dia, digadang menjadi benteng generasi muda Gowa dari pengaruh budaya asing.

"Kita ingin anak cucu kita tidak akan lupa dengan kebesaran Gowa. Para lurah, kepala desa, dan camat diharapkan bisa bersinergi lagi di dalam lembaga adat," kata Adnan.

Bupati Gowa Dikukuhkan Sebagai Ketua Lembaga Adat Daerah

Ketua DPRD Gowa, Ansar mengharapkan, LAD bisa menjadi energi dalam menjaga dan melestarikan adat istiadat dan budaya Gowa. "Diharapkan jajaran LAD Kabupaten Gowa untuk membentuk LAD tingkat kecamatan dan desa," ujarnya.

Pengukuhan dihadiri jajaran Muspida Gowa dan tokoh masyarakat Gowa. Juga hadir Ketua Forum Tellumpoccoe Ichsan Yasin Limpo. 

Beberapa pimpinan daerah tetangga juga ikut hadir, seperti Wakil Bupati Jeneponto Mulyadi Mustamu, Ketua DPRD Takalar Jabir Bonto, dan lainnya.

Ucapan selamat atas pengukuhan ini juga bertebaran di lokasi acara. Salah satunya, dari Walikota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto.

Loading...
Loading...