Selasa, 30 Juni 2020 12:48 WITA

Gawat! Belum Selesai Covid-19, Muncul Flu Babi di China yang Bisa Jadi Pandemi

Editor: Fathul Khair Akmal
Gawat! Belum Selesai Covid-19, Muncul Flu Babi di China yang Bisa Jadi Pandemi
Ilustrasi

RAKYATKU.COM - Belum selesai pandemi Virus Corona (COVID-19), kini peneliti di China menemukan jenis baru flu babi yang bisa memicu pandemi. Flu babi itu dinamakan G4 dan merupakan keturunan genetik H1N1.

Temuan itu diterbitkan dalam jurnal sains Proceedings of the National Academy of Sciences di Amerika Serikat. Peneliti di China berkata G4 dapat menginfeksi dari hewan ke manusia.

Dilaporkan South China Morning Post, Selasa (30/6/2020), G4 merupakan jenis flu babi yang tingkat infeksinya paling tinggi di antara jenis flu babi lain yang diteliti di China. Virus itu juga sudah menyebar ke manusia.

Berdasarkan tes peneliti, sudah ada 10,4 persen pekerja di industri babi sudah terinfeksi. Selain itu, 4,4 persen masyarakat sudah tertular.

Para peneliti masih belum menemukan bukti apakah flu babi jenis baru ini bisa menular antar manusia. Mereka khawatir ada penambahan risiko pandemi bagi manusia.

loading...

Penulis penelitian itu lantas meminta ada tindakan untuk memonitor pekerja yang bekerja di industri babi agar waspada terhadap penyakit zoonotis baru.

Sejak 2011 hingga 2018, peniliti di China melakukan tes nasal swabs kepada 30 ribu babi di 10 provinsi China untuk meneliti virus-virus flu babi. Totalnya kini ada 179 virus flu babi yang diisolasi.

Kebanyakan virus flu babi itu adalah jenis baru. Peneliti lantas melakukan eksperimen ke hewan lain, seperti ferret (sejenis musang), untuk mengetahui dampak virus itu. Hasilnya, G4 tenyata yang paling berbahaya dan bisa menghasilkan gejala yang lebih serius.

Loading...
Loading...