Selasa, 30 Juni 2020 17:02 WITA

35 Ibu Hamil Positif Covid-19 Melahirkan Bayi yang Negatif

Editor: Fathul Khair Akmal
35 Ibu Hamil Positif Covid-19 Melahirkan Bayi yang Negatif
Ilustrasi

RAKYATKU.COM - Berdasarkan data yang ada, sebanyak 35 ibu hamil positif Covid-19 yang melahirkan bayinya di Rumah Sakit Umum daerah (RSUD) dr. Soetomo Surabaya. Untungnya semua bayi yang dilahirkan selamat dan negatif Covid-19.

Joni Wahyudi, yang merupakan Ketua Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Jatim menyebutkan ibu hamil positif COVID-19 di Jatim, mengalami peningkatan drastis.

Untuk proses persalinannya tentu berbeda dengan pasien biasa, seluruh persalinan harus streril. Bahkan bayi yang dilahirkan harus segera dipisahkan dengan ibunya dan dirawat di ruangan yang berbeda.

Dikutip dari indozone.id, cara ini dilakukan untuk menghindari penularan Covid-19 pada bayi dan tenaga medis yang menangani. Bayi yang dilahirkan juga diperbolehkan untuk pulang lebih dahulu. Sementara ibunya harus dirawat di rumah sakit.

loading...

Sementara itu Joni juga mengatakan bahwa timnya sudah berkoordinasi dengan Ikatan Dokter Indonesia 9IDI) untuk menentukan rumah sakit rujukan utama bagi ibu hamil positif Covid-19.

Rumah sakit yang dipilih untuk rujukan ibu hamil positif Covid-19 ialah Tropical Infectious Disease Hospital (RSPTI) Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, di kawasan Kertajaya Indah Kota Surabaya.

Loading...
Loading...