Selasa, 30 Juni 2020 07:02 WITA

"Mumpung Murah," Orang-Orang Ini Sarankan Para Jomlo Segera Menikah di Tengah Pandemi Covid-19

Editor: Abu Asyraf
Pemasangan cincin kawin pun di luar sarung tangan plastik.

RAKYATKU.COM - Apa untungnya pandemi Covid-19 bagi para jomlo? Salah satunya, bisa menikah dengan biaya yang jauh lebih murah.

Kesempatan itu dimanfaatkan sejumlah pemuda di Oman. Biasanya pernikahan akan memakan biaya hingga 10.000 real Oman atau sekitar Rp368 juta.

Biaya itu sebelum virus corona mewabah. Sekarang tidak lagi. Dengan tanpa resepsi, biaya pernikahan jauh lebih murah.

Menurut beberapa warga, perubahan drastis dalam pengaturan pernikahan telah secara tajam mengurangi biaya.

"Ritual pernikahan dilakukan dengan tenang dan nyaman," kata Khalfan Al Zaidi, yang menghadiri pernikahan baru-baru ini seperti dikutip dari surat kabar Oman Al Shabiba. 

"Semua tindakan pencegahan diambil dan menjaga jarak fisik di antara para hadirin dari keluarga mempelai pria dan pengantin wanita," tambahnya. 

Dia menjelaskan bahwa upacara pernikahan kecil diadakan di rumah pengantin pria.

loading...

“Semuanya berjalan dengan lancar. Semua ritual pernikahan tradisional berlangsung tanpa perubahan kecuali jumlah hadirin,” tambah Al Zaidi, penduduk asli negara bagian Nizwa, sekitar 140 kilometer dari Muscat.

Sebelum pecahnya virus corona, kontrak pernikahan di Oman dilakukan di dewan desa atau di dalam dewan lokal di hadapan kerumunan besar kerabat dan teman. 

“Tetapi dalam situasi saat ini, jumlah yang hadir terbatas pada keluarga. Efek positif dari perubahan ini adalah mengurangi biaya tinggi yang akan ditanggung oleh pengantin pria. Sekarang, biayanya tidak akan melebihi OMR100 (Rp3,6 juta),” kata Al Zaidi.

Seorang Oman yang baru menikah membenarkannya. “Saya baru saja menikah dengan seorang gadis Oman. Kehadiran terbatas pada keluarga mempelai wanita dan keluarga saya. Jumlahnya tidak melebihi delapan," kata pria yang tak ingin disebutkan identitasnya seperti dikutip dari Gulf News.

"Pesta pernikahan berjalan dengan lancar dan tenang dan tidak memerlukan biaya lebih dari 100 real, mencakup biaya makanan, permen lokal, dan buah-buahan yang disajikan kepada para tamu sebagai bagian dari tradisi kami."

Pria itu memiliki nasihat berharga untuk pemuda Oman, "Saya menyarankan mereka yang tidak mampu membayar biaya pernikahan untuk menikah sekarang dengan biaya rendah tanpa harus mengadakan upacara pernikahan besar dengan kerumunan besar."

Loading...
Loading...