Senin, 29 Juni 2020 21:31 WITA

"Barru Macca Na Malebbi", Program Baru Pemkab Barru dalam Peningkatan Kualitas ASN

Penulis: Achmad Afandy
Editor: Nur Hidayat Said
Pelatihan Teknis aparatur sipil negara (ASN) lingkup Pemerintah Kabupaten Barru kini digelar melalui konferensi video.

RAKYATKU.COM, BARRU - Pelatihan teknis aparatur sipil negara (ASN) lingkup Pemerintah Kabupaten Barru kini digelar melalui konferensi video.

Hal ini sebagai jawaban atas tuntutan perubahan zaman yang mengarah ke tatanan hidup baru atau new normal life, khususnya dalam memenuhi amanah Kemenpan-RB untuk wujudkan Smart ASN melalui pengembangan SDM di masa pademi Covid-19.

Pelatihan Teknis ASN lingkup Pemkab Barru yang pertama kali, dibuka oleh Wakil Bupati Barru, Nasruddin AM, secara virtual, sebagai upaya meningkatkan kapasitas SDM dalam hal perencanaan dan penganggaran.

"Diklat ini jangan diartikan sebatas pemenuhan kewajiban, namun diupayakan setiap ASN berkembang kapasitas dan kualitasnya," kata Nasruddin di hadapan 51 ASN dari OPD maupun kecamatan secara virtual.

Semua perwakilan OPD antusias mengikuti kegiatan yang diisi oleh paparan enam pemateri untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas ASN dalam membuat perencanaan yang sinergi dengan penganggaran sehingga efisiensi dan efektivitas pemanfaatan APBD akan lebih berdaya guna dan berhasil guna.

Pelatihan teknis yang dilaksanakan selama empat hari tersebut adalah inisiasi dari Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Pemkab Barru, Andi Djalil Mappiare, yang menggelorakan "Barru Macca Na Malebbi", dengan program Diklat teknis ASN Lingkup Pemkab Barru dengan sistem belajar daring melalui Zoom Meeting.

loading...

"Diklat ini yang pertama secara virtual kita lakukan di Barru, setiap tahapan akan kita evaluasi capaiannya untuk penyempurnaan dan kemudian akan diaplikasikan secara berkelanjutan," urai Andi Djalil Mappiare menjelaskan konsep yang dilaksanakan mensukseskan program ini.

Hal ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara yang berkesesuaian dengan semangat tatanan kehidupan baru.

"Program 'Macca Na Malebbi' sendiri memiliki makna ASN Barru diharap terus dapat meningkatkan pengetahuan dan mengembangkan diri sehingga memiliki karakter anggun yang paham bagaimana mengatur tindakannya di lingkungan kerja maupun dalam pelayanan pemerintahan," urai mantan Kabag Humas dan Sekretaris Dinas Perhubungan ini lebih dalam.

Sebanyak 51 partisipan yang terdata secara virtual mengikuti pelatihan teknis bersertifikat dan kegiatan yang akan digelar dalam 23 jam pelajaran ini.

Turut hadir pada pembukaan pelatihan teknis ini, yakni Kepala BKPSDM, Nasruddin; Kepala BPKAD Barru, Abubakar; Kepala Diskominsta Barru, Syamsuddin; dan Plt. Inspektur Daerah, Abdul Rahim; serta Kabid Diklat Penilaian Kinerja dan Penghargaan BKPSDM, Muh. Azhar Anwar.

Loading...
Loading...