Sabtu, 06 Juni 2020 15:02 WITA

"Pakai Protokol atau Kami yang Pindahkan," Keluarga PDP Asal Bulukumba Video Call dengan Wagub

Penulis: Irmawati Azis
Editor: Abu Asyraf

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Andi Baso Ryadi Mappasulle ngotot memindahkan kuburan istrinya. Dia sudah berkomunikasi dengan pemangku kepentingan.

Istrinya Nurhayani Abram meninggal dalam status Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Nyatanya, hasil uji swab menyatakan negatif corona.

Yang menyakitkan, petugas ngotot memakamkannya sesuai protokol Covid-19. Padahal, tidak ada indikasi sama sekali yang menunjukkan pasien terinfeksi Covid-19.

Penolakan keras keluarga pasien diabaikan petugas. Jasad Nurhayani Abram tetap dimakamkan di Macanda, kuburan khusus korban Covid-19.

Andi Baso Ryadi Mappasulle tak terima. Warga Bulukumba itu terus berjuang untuk memindahkan kuburan istrinya dari Macanda ke Herlang, Bulukumba. Beberapa tokoh sudah dia temui.

"Permintaan keluarga kami, jenazah almarhumah istri saya dipindahkan. Karena logikanya tidak lagi relevan berada di pekuburan Macanda khusus pasien Covid-19. Sementara bukti swab resmi sudah ada menyatakan negatif," jelasnya.

Keluarga masih menunggu keputusan dari Tim Gugus Tugas Covid-19 Sulsel. 

"Terserah, mau (proses pemindahan) memakai protokol (covid-19) atau kami sendiri yang pindahkan. Kami hanya perlu izin," ujarnya.

loading...

Andi Baso telah bertemu Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, dr Ichsan Mustari yang juga juru bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Sulsel. 

Menurut Ichsan, Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah berencana menemui keluarga almarhumah. Pertemuan itu akan dimanfaatkan untuk menyampaikan surat resmi permintaan pemindahan jenazah istrinya kepada gubernur Sulsel.

Andi Baso mengaku juga telah berkomunikasi dengan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman.

"Pak Wagub sempat video call menyatakan belasungkawa lewat telepon video call WhatsApp. Alhamdulillah kami berterima kasih atas perhatian itu," katanya.

Terpisah, Wagub Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan belasungkawa yang mendalam atas meninggalnya almarhumah.

Dia juga berpesan kepada keluarga untuk sabar dalam musibah ini. "Semoga Allah memberi hikmah serta almarhumah diberi tempat yang layak di sisi-Nya," kata Wagub.

Loading...
Loading...