Selasa, 02 Juni 2020 13:02 WITA

Bercerai dari Suami, Wanita China Ini Mendadak Jadi Miliarder

Editor: Abu Asyraf
Bercerai dari Suami, Wanita China Ini Mendadak Jadi Miliarder
ILUSTRASI

RAKYATKU.COM - Bercerai bukannya jadi miskin. Perempuan China ini justru kaya mendadak. Dia langsung masuk dalam jajaran miliarder.

Du Weimin, ketua Shenzhen Kangtai Biological Products Co., mentransfer 161,3 juta saham pembuat vaksin kepada mantan istrinya, Yuan Liping.

Saham itu bernilai $ 3,2 miliar pada penutupan Senin (1/6/2020).

Yuan (49) warga negara Kanada yang tinggal di Shenzhen. Dia menjabat sebagai direktur Kangtai antara Mei 2011 dan Agustus 2018. Sekarang wakil manajer umum anak perusahaan Beijing Minhai Biotechnology Co. 

Dia seorang sarjana ekonomi lulusan Universitas Bisnis Internasional dan Ekonomi Beijing.

Untuk mengamankan hak kendali Du atas perusahaan, Yuan menandatangani perjanjian yang mendelegasikan hak pilihnya kepadanya. 

Kekayaan Du sekarang turun menjadi sekitar $ 3,1 miliar dari $ 6,5 miliar sebelum perpecahan. Tidak termasuk saham yang dijanjikan.

Kangtai, yang mengatakan pada Februari akan mengembangkan vaksin untuk melawan virus corona, telah melonjak 60 persen. Menjadikan nilai pasarnya lebih dari $ 13 miliar. Namun, kehilangan 3,6 persen pada hari Senin setelah berita perceraian mencuat.

Du (56) lahir dalam keluarga petani di provinsi Jiangxi, Tiongkok. Setelah belajar kimia di perguruan tinggi, ia mulai bekerja di sebuah klinik pada tahun 1987 dan menjadi manajer penjualan untuk sebuah perusahaan biotek pada tahun 1995. 

Pada 2009, Kangtai mengakuisisi Minhai, perusahaan yang didirikan Du pada tahun 2004, dan ia menjadi ketua entitas gabungan.

Ekonomi China yang berkembang pesat telah menjadi mesin bagi negara terkaya di negara itu. 

Du bukan satu-satunya taipan yang harus membayar mahal untuk perceraian. Pada 2012, Wu Yajun, salah seorang wanita terkaya di negara itu, mentransfer nilai saham sekitar $ 2,3 miliar kepada mantan suaminya, Cai Kui, yang ikut mendirikan pengembang Longfor Group Holdings Ltd. 

Pada 2016, miliarder teknologi Zhou Yahui memberi $ 1,1 miliar saham di perusahaan game online-nya, Beijing Kunlun Tech Co., kepada mantan istri Li Qiong setelah penyelesaian pengadilan sipil.

Lalu, istri taipan Korea Selatan Chey Tae-won mengajukan gugatan pada bulan Desember meminta 42,3 persen saham SK Holdings Co. senilai $ 1,2 miliar. 

Itu akan membuatnya menjadi pemegang saham terbesar kedua di perusahaan jika ia memenangkan kasus ini, yang masih berlangsung.

Perceraian paling mahal dalam sejarah adalah dari pendiri Amazon.com Inc., Jeff Bezos. Dengan kekayaan $ 48 miliar, mantan istrinya, MacKenzie Bezos, sekarang menjadi wanita terkaya keempat di dunia.

Loading...
Loading...

Berita Terkait