Minggu, 31 Mei 2020 20:31 WITA

Jemaah Masjid Nabawi Dibatasi 40 Persen dari Kapasitas, Toilet dan Tempat Wudu Tetap Ditutup

Editor: Abu Asyraf
Jemaah Masjid Nabawi Dibatasi 40 Persen dari Kapasitas, Toilet dan Tempat Wudu Tetap Ditutup
Suasana salat subuh di Masjid Nabawi, Madinah, Minggu (31/5/2020).

RAKYATKU.COM - Ratusan ribu Muslim di Arab Saudi melampiaskan rindu, Minggu (31/5/2020). Mereka berbondong-bondong ke 90 ribuan masjid di negara kerajaan itu.

Tidak terkecuali di Masjid Nabawi, Madinah. Seperti masjid lainnya, masjid termulia kedua setelah Masjidilharam ini sempat ditutup lebih dari dua bulan karena virus corona.

Seluruh jemaah harus melalui prosedur ketat untuk melaksanakan ibadah di masjid. Mulai pemeriksaan suhu tubuh hingga mengikuti jarak yang telah ditentukan.

Kerajaan mengizinkan masjid kembali dibuka dengan syarat jemaah dibatasi 40 persen dari kapasitasnya. Anak-anak di bawah usia 15 tahun dilarang ke masjid.

Pada bulan Maret, pemerintah Saudi menghentikan salat di dua masjid suci di Makkah dan Madinah di tengah serangkaian tindakan pencegahan untuk menahan penyebaran Covid-19.

Kementerian Urusan Islam telah menetapkan langkah pencegahan untuk melakukan salat berjemaah di masjid-masjid. 

loading...

Masjid baru dibuka 15 menit sebelum azan dan ditutup 10 menit setelah salat berakhir. Interval antara azan dan ikamah dipersingkat menjadi 10 menit.

Jemaah dipisahkan dengan jarak dua meter. 

Toilet dan tempat wudu tetap ditutup. Jemaah diwajibkan berwudu dari rumah. Juga dilarang mendistribusikan air dan makanan di dalam masjid. 

Sementara ceramah di masjid dan pertemuan menghafal Al-Qur'an ditunda belum diizinkan.

Loading...
Loading...