Jumat, 29 Mei 2020 10:02 WITA

Wabah Virus Corona Belum Terkendali, Ini Maklumat MUI Tanggapi New Normal Life

Editor: Abu Asyraf
Wabah Virus Corona Belum Terkendali, Ini Maklumat MUI Tanggapi New Normal Life

RAKYATKU.COM - Majelis Ulama Indonesia (MUI) menganggap penerapan new normal life terburu-buru. Sebagai tanggapan resmi, telah dikeluarkan maklumat, Kamis (28/5/2020).

Maklumat yang diteken Wakil Ketua Umum MUI Pusat, KH Muhyidin Junaidi MA dan Sekjen, Dr H Anwar Abbas MM MAg itu memuat delapan poin.

Terkait kegiataan ibadah, umat Islam diimbau tetap mengacu pada Fatwa MUI Nomor 14 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ibadah dalam Situasi Terjadi Wabah Covid-19.

Intinya, ibadah di masjid bisa dilakukan di wilayah yang wabah virus corona sudah terkendali. Sementara di wilayah yang belum terkendali, masih berlaku rukhshah atau keringanan, yakni salat di rumah.

loading...

Pada wilayah yang sudah terkendali, kegiatan ibadah di masjid seperti salat Jumat dan salat mahtubah dapat dilakukan dengan tetap menjalankan protokol kesehatan secara ketat.

Sementara terkait penyelenggaraan pendidikan, MUI mengimbau agar tetap belajar dari rumah hingga keadaan benar-benar terkendali.

"Jika pemberlakuan tata hidup normal baru tetap dipaksakan di saat syarat-syarat pengendalian Covid-19 belum terpenuhi, maka MUI mendesak pemerintah agar seluruh kegiatan pendidikan (SD, SMP, SMA, SMK, MD, MI, MTs, MA, dan perguruan tinggi negeri dan swasta) serta pondok pesantren agar tetap belajar dari rumah hingga keadaan benar-benar terkendali," bunyi poin kedelapan maklumat MUI.

Loading...
Loading...