Sabtu, 23 Mei 2020 12:02 WITA

Salat Idulfitri di Rumah Tanpa Khotbah, Lebaran di Beberapa Negara Ini Bersamaan Indonesia

Editor: Abu Asyraf
Salat Idulfitri di Rumah Tanpa Khotbah, Lebaran di Beberapa Negara Ini Bersamaan Indonesia
ILUSTRASI

RAKYATKU.COM - Tak hanya di Indonesia. Salat Idulfitri di berbagai negara juga dilakukan di rumah. Waktunya pun bersamaan, Minggu (24/5/2020).

Uni Emirat Arab (UEA), misalnya, telah mengumumkan awal Syawal 1441 Hijriah jatuh pada Minggu. Keputusan diambil setelah dilakukan pemantauan hilal pada Jumat sore.

Menteri Kehakiman UEA, Sultan bin Saeed Al Badi Al Dhaheri mengatakan, komite tidak dapat mendeteksi bulan sabit bulan Syawal. Sehingga Ramadan digenapkan menjadi 30 hari.

Juru bicara Otoritas Umum Urusan Islam dan Wakaf UEA, Sheikh Abdul Rahman Al Shamsi mengatakan, sesuai Dewan Fatwa Emirates, salat Idulfitri harus dilakukan di rumah.

"Semua tindakan pencegahan untuk melindungi diri sendiri dan keluarga Anda adalah bagian dari ajaran agama dan aturan nasional," katanya.

loading...

Disebutkan bahwa tata cara salat Idulfitri di rumah sama dengan yang dilakukan di masjid atau tanah lapang. Bedanya, tidak perlu ada khotbah seperti yang dilakukan di masjid atau lapangan.

Selain UEA, negara lain yang berlebaran pada Minggu yakni Arab Saudi, India, Turki, dan Australia. Tim falakiyah di negara-negara tersebut menyatakan tidak melihat hilal dari sejumlah titik pemantauan.


 

Loading...
Loading...