Sabtu, 23 Mei 2020 11:02 WITA

Efektif untuk Covid-19, PMI Makassar Ajak Pasien yang Sembuh untuk Donor Plasma Konvaselen

Editor: Abu Asyraf
Efektif untuk Covid-19, PMI Makassar Ajak Pasien yang Sembuh untuk Donor Plasma Konvaselen
Tim Plasma Konvalesen Makassar melakukan pengambilan plasma darah atau yang dikenal dengan plasma konvalesen di Unit Tranfusi Darah (UTD) PMI, Jalan Kandea Makassar, Jumat (22/5/2020).

RAKYATKU.COM - Salah satu cara mempercepat penyembuhan pasien Covid-19 yakni dengan menyuntikkan plasma darah. PMI Makassar kini mengumpulkannya dari pasien yang telah sembuh. 

Tim Plasma Konvalesen Makassar melakukan pengambilan plasma darah atau yang dikenal dengan plasma konvalesen di Unit Tranfusi Darah (UTD) PMI, Jalan Kandea Makassar, Jumat (22/5/2020).

Tim ini terdiri dari UTD PMI Kota Makassar, RSWS, RS Unhas, dan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan.

Wakil Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kota Makassar, Khudry Arsyad menuturkan, UTD PMI Kota Makassar menjadi UTD PMI pertama di seluruh Indonesia yang melakukan prosedur pengambilan plasma konvalesen.

"Ini adalah pengambilan plasma konvalesen perdana di Sulawesi. Plasma konvalesen ini nantinya akan digunakan sebagai salah satu alternatif terapi terhadap pasien Covid-19 yang dirawat di RS," katanya.

Dia menerangkan, plasma konvalesen ini diambil dari darah orang yang sudah dinyatakan sembuh dari Covid-19 untuk kemudian disuntikkan ke aliran darah pasien Covid-19.

"Pendonor merupakan mantan pasien Covid-19 yang sudah dinayatakan sembuh setelah memperoleh dua kali hasil negatif pada pemeriksaan PCR dan tidak ada gejala yang timbul sejak 14 hari dinyatakan negatif dari Covid-19," tambah Khudry.

Menjadi pendonor tidak mudah. Hampir seperti donor reguler, banyak prosedur yang harus diikuti.

loading...

"Pendonor harus benar-benar sehat, dalam waktu 14 sampai 29 hari tidak sakit, pernah mendonorkan darah, berusia 17-60 tahun dan harus bebas dari empat penyakit menular, yaitu HIV, hepatitis B, hepatitis C, dan hepafilis," katanya.

Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Makassar, Syamsu Rizal MI atau Deng Ical mengungkapkan, melihat jumlah kasus positif yang terus meningkat, maka kebutuhan akan terapi plasma konvalesen ini juga tinggi.

"Pasien Covid-19 yang sembuh juga semakin besar jumlahnya. Ini bisa jadi potensi untuk plasma konvalesen," ungkapnya.

Saat ini, UTD PMI Kota Makassar sudah siap untuk menerima pendonor yang ingin mendonorkan plasma darahnya atau plasma konvaselen.

Deng Ical berharap, tim ini secara bersama dapat menjadi bagian yang punya arti dalam kebersamaan melawan Covid-19 dan pendonor plasma konvalesen menjadi pahlawan kemanusiaan yang berarti terhadap sesama.

"Semoga teman atau saudara kita yng memenuhi syarat untuk menjadi pendonor plasma konvalesen mengambil peran dan berinisiatif untuk mendaftarkan dirinya baik ke UTD PMI Kota Makassar, RS, maupun ke Dinas Kesehatan," harapnya.

Loading...
Loading...