Selasa, 19 Mei 2020 22:03 WITA

Dalam Dua Bulan, Pemkot Parepare Salurkan Bantuan kepada 23.270 Keluarga

Penulis: Hasrul Nawir
Editor: Abu Asyraf
Dalam Dua Bulan, Pemkot Parepare Salurkan Bantuan kepada 23.270 Keluarga
Wali Kota Parepare, Taufan Pawe

RAKYATKU.COM,PAREPARE - Selain mencegah penyebaran virus corona, Pemkot Parepare melalui Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 juga mengatasi dampaknya. 

Dalam dua bulan terakhir, Pemkot Parepare telah menyalurkan bantuan kepada 23.270 keluarga penerima manfaat (KPM).

Ada yang bersumber dari Pemerintah Kota Parepare, Provinsi Sulsel, maupun pemerintah pusat. 

Angka ini terbilang besar jika dibandingkan jumlah warga miskin 7,62 ribu atau 5,26 persen dari total penduduk berdasarkan rilis terbaru dari Badan Pusat Statistik (BPS) Parepare.

Wali Koa Parepare, Taufan Pawe menyebut, bantuan yang telah tersalurkan kepada 23.270 KPM. Rinciannya, 3.218 KPM Penerima Keluarga Harapan (PKH), 5.527 KPM Bantuan Pangan non tunai, dan 2.698 KPM Bantuan Sosial Tunai. 

Selanjutnya, 700 KPM bantuan sosial logistik dan 2.047 bantuan beras peduli (rastra) yang telah disalurkan dua kali.

Untuk mengendalikan inflasi, Pemkot Parepare juga menggelar pasar murah dengan menyentuh 8.855 KPM yang digelar bertahap hingga target 11 ribu KPM.

loading...

"Masih ditambah bantuan dana Covid-19 dari Gugus Tugas untuk 225 kepala keluarga. Total penerima bantuan sebanyak 14.415 KK, ditambah KPM dari Pasar Murah jadi total 23.270 KK atau KPM," urai Taufan Pawe.

Lanjut Taufan, untuk pasar pasar murah, sasarannya adalah masyarakat terdampak langsung secara ekonomi, seperti pekerja informal, buruh harian, pedagang kaki lima, pengemudi ojek, tukang becak, sopir angkot, pekerja formal yang di-PHK-kan, bukan penerima PKH, Rastra atau penerima bantuan lainnya.

Pasar murah berlangsung dalam empat tahap. Hingga saat ini sudah masuk tahap ketiga. Tahap pertama disalurkan ke 3181 KK, tahap kedua 3049 KK, dan tahap ketiga 2625 KK. Tahap keempat setelah Lebaran, dengan jumlah total penerima untuk empat tahap 11 ribu KK.

Semua bantuan diantar langsung ke rumah setiap penerima. Tim terpadu dari SKPD teknis terkait bersama camat didampingi Babinsa, Bhabinkamtibmas, para lurah, dan tim rastra yang turun menyalurkan bantuan ke rumah-rumah warga.

"Insyaallah pemerintah kota tetap akan terus menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang berdampak Covid-19 di Kota Parepare," kata Taufan. 

Loading...
Loading...