Sabtu, 16 Mei 2020 08:02 WITA

204 Pedagang di Makassar Reaktif Covid-19, Wali Kota Janjikan Reward kepada Warga yang Proaktif

Penulis: Syukur
Editor: Abu Asyraf
204 Pedagang di Makassar Reaktif Covid-19, Wali Kota Janjikan Reward kepada Warga yang Proaktif
Pj Wali Kota Makassar, Prof Yusran Yusuf

RAKYATKU.COM - Warga yang ingin berbelanja kebutuhan Lebaran perlu berhati-hati. Hasil rapid test menunjukkan 204 pedagang di Kota Makassar reaktif Covid-19.

Rapid test dilakukan empat hari. Dimulai Selasa hingga Jumat. Ada 1.914 pedagang yang dites pada empat pasar besar di Kota Makassar.

Keempat pasar tersebut yakni Pasar Butung, Pasar Sawah, Pasar Niaga Daya, dan Pasar Mandai.

Pada hari pertama, ditemukan sebanyak 21 yang reaktif. Hari kedua ada 44 reaktif. Hari ketiga ada 78 reaktif. Hari keempat hari ini ada 61 reaktif. 

"Pedagang yang dinyatakan reaktif untuk selanjutnya mengikuti program wisata Covid di hotel," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Naisyah Tun Asikin kepada wartawan di Pasar Butung, Jumat (15/5/2020).

Selanjutnya hasil rapid test ditindaklanjuti dengan pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR). 

loading...

Penjabat Wali Kota Makassar, Prof Yusran Jusuf mengatakan, rapid test ini bagian dari upaya pemerintah kota setempat untuk mendeteksi keberadaan virus agar segera dilakukan isolasi. 

"Fakta yang kita temukan, jika ada saudara kita yang terpapar virus kemudian segera dirawat secara medis itu kecenderungannya cepat sembuh, bahkan ada yang hanya tujuh hari sudah sembuh," ujar Yusran Jusuf.

Yusran juga menjanjikan reward kepada warga yang secara sukarela melaporkan diri jika memiliki gejala Covid-19 atau mengakui pernah melakukan kontak dengan orang positif corona. 

"Jika kemudian hasilnya reaktif dan bersedia mengikuti program wisata Covid di hotel itu kita berikan reward berupa jaminan untuk keluarganya berupa pemenuhan kebutuhan sehari-hari selama masa isolasi," tambahnya. 


 

Loading...
Loading...