Kamis, 09 April 2020 19:33 WITA

Bupati Bantaeng Pastikan Covid-19 Tak Ganggu Produksi Pertanian

Penulis: Irmawati Azis
Editor: Abu Asyraf
Bupati Bantaeng Pastikan Covid-19 Tak Ganggu Produksi Pertanian

RAKYATKU.COM,BANTAENG - Ilham Azikin mengangkat dua genggam bawang putih. Baru saja dicabut dari tanah. 

Pada Kamis (9/4/2020), bupati Bantaeng itu melakukan panen bawang putih di Kampung Lannying IV, Desa Bonto Lojong, Kecamatan Uluere.

Ilham Azikin tidak sendiri. Kapolres Bantaeng, Wawan Sumantri; Dandim 1410 Bantaeng, Tambohule Wulaa; Kepala Kantor Kementerian Agama Bantaeng, H Muh Yunus; Asisten I, Hartawan Zainuddin; Asisten III, Asruddin ikut serta.

Kampung Lannying IV salah satu sentra pengembangan komoditi hortikultura di Bantaeng. Panen bawang itu sekaligus membuktikan produksi pertanian tetap normal di tengan pandemi Covid-19.

Panen bawang ini dilaksanakan Kelompok Tani Berdasi. Rencananya, hasil panen ini akan dijadikan bibit dengan tujuan agar bibit bawang putih tidak diimpor lagi. 

loading...

Ilham Azikin mengatakan, upaya ini bagian dari langkah untuk menjaga ketahanan pangan daerah seperti yang diinstruksikan pemerintah pusat.

Sekaligus upaya antisipasi ketersediaan pangan di tengah merebaknya pandemi Covid-19. Saat ini, bawang putih masih didominasi impor dari Tiongkok atau China.

Bupati bergelar doktor pemerintahan ini berharap agar para petani bawang putih meningkatkan hasil panen di tengah mewabahnya virus corona. 

Sebab beberapa bahan pokok mengalami lonjakan harga yang begitu tinggi jika dibandingkan hari-hari biasanya. Termasuk bawang putih.

Loading...
Loading...