Kamis, 09 April 2020 12:12 WITA

Viral Tenaga Medis Salat Pakai APD di Ruang Isolasi, Begini Tata Caranya Menurut Ulama

Editor: Abu Asyraf
Viral Tenaga Medis Salat Pakai APD di Ruang Isolasi, Begini Tata Caranya Menurut Ulama

RAKYATKU.COM - Salut untuk tenaga medis ini. Di tengah bahaya corona yang mengancam, dia tetap melaksanakan kewajibannya. Salat wajib salah satunya.

Foto viral itu menunjukkan seorang tenaga medis RSUD dr Wahidi Sudiro Husodo, Mojokerto sedang salat. Menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap, dia melakukannya sambil duduk di kursi.

Kasi Keperawatan RSUD dr Wahidin Sudiro Husodo, Elisabeth mengakui bahwa orang yang salat itu salah seorang tenaga medisnya.

Selama bertugas di ruang isolasi, seluruh tenaga medis dilarang melepas APD. Demi menghindari penularan virus Covid-19 dari pasien. Pakaian itu hanya bisa dibuka setelah pergantian shift.

"Insya Allah, shalat itu untuk menguatkan batin petugas kami. Bagi kami, masuk ke ruang isolasi itu adalah berjuang. Seluruh protap harus kami ikuti dan kewajiban juga tetap dilaksanakan," katanya seperti dikutip dari Kompas.com.

Foto itu jadi viral setelah diunggah ke Facebook oleh Ida Sulaiman, Selasa pagi (7/4/2020). 

Ida sekaligus mengajak warga mematuhi arahan pemerintah untuk tetap tinggal di rumah dan menjaga jarak aman serta disiplin mengenakan masker.  

loading...

"Bantu kami plissss, stay at home saja. Jangan keluar kalau tak mendesak, jaga imun, jaga iman. Kalaulah terpaksa harus keluar rumah pakai masker, jaga kebersihan tangan," tulis Ida.

Cara Bersuci bagi Petugas Medis

Ustaz Ahmad Hanafi, Lc, MA, PhD mengatakan, petugas medis termasuk yang memenuhi syarat kedaruratan. Mereka termasuk yang diberi keringanan untuk menjalankannya.

Seperti apa? Silakan mengklik link berikut ini untuk mengetahui penjelasan lebih lengkap.

Tata Cara Bersuci dan Salat bagi Tenaga Medis yang Menangani Pasien Covid-19


 

Loading...
Loading...