Kamis, 09 April 2020 11:30 WITA

"Tak Ada Lagi Tamu," Anggiat Sinaga Konfirmasi Penutupan Hotel, Ide Dahlan Iskan Bisa Dicoba

Penulis: Yuniastika Datu
Editor: Abu Asyraf
Ketua PHRI Sulsel, Anggiat Sinaga

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Puluhan hotel di Sulawesi Selatan ditutup sementara. Tamu sepi. Tidak ada lagi kegiatan yang digelar akibat anjuran social distancing.

Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) mencatat, ada 1.180 hotel di seluruh Nusantara yang ditutup sementara. Termasuk 41 di wilayah Sulawesi Selatan.

Khusus di Makassar, sekitar 10 hotel di Makassar terpaksa merumahkan karyawannya. Nyaris tidak ada lagi tamu yang menginap.

Ketua PHRI Sulsel, Anggiat Sinaga mengatakan, penutupan 10 hotel tersebut berlangsung sampai 31 Mei 2020.

"Tidak ada lagi tamu. Untuk sementara sampai 31 Mei 2020," ungkapnya melalui pesan WhatsApp kepada Rakyatku.com diikuti emoticon menangis.

Pengusaha hotel mengambil kebijakan untuk tidak mem-PHK karyawan. Hanya dirumahkan sambil menunggu kondisi stabil kembali.

"Semoga badai ini segera berlalu kasian," lanjut Anggiat.

loading...

Di tengah badai yang menimpa pengusaha hotel, ada ide menarik dari Dahlan Iskan. Mantan direktur utama PT PLN dan mantan menteri BUMN.

"Para pemilik hotel, berubahlah. Jadikan hotel Anda yang sepi sebagai tempat isolasi mandiri. Anda berikan jaminan kesterilannya. Anda latih karyawan hotel dengan prosedur baru --menjadi seperti perawat. Belilah APD untuk semua karyawan hotel," kata Dahlan dalam catatan berjudul "Covid Apalagi" seperti dikutip dari disway.id edisi Rabu (8/4/2020).

"Tawarkan ke orang-orang yang ingin isolasi mandiri. Terutama ketika para pembantu mereka pulang lebaran. Mereka akan merasa lebih aman di tempat isolasi. Kalau perlu Satpam hotel ikut patroli ke rumah orang yang pindah ke hotel. Dan mereka itu takut lagi ketika pembantu mereka kembali nanti. Para pembantu itu juga perlu diisolasi 14 hari. Sebelum kembali bekerja setelah lebaran nanti," lanjut Dahlan.

"Berundinglah sesama pengusaha hotel. Dengan moderator PHRI. Mana hotel yang ingin berubah sementara. Mungkin perlu juga berkoordinasi dengan pemda setempat. Siapa tahu ingin menunjuk beberapa hotel sebagai asrama sementara para juru rawat dan tenaga medis," tambah mantan bos Jawa Pos itu.

Berikut daftar hotel yang ditutup di seluruh Indonesia berdasarkan data dari PHRI:

Loading...
Loading...