Rabu, 08 April 2020 10:30 WITA

RSUD Andi Makkasau Parepare Jadi Lokasi TCM, Hasil Tes Covid-19 Hanya Butuh 45 Menit

Penulis: Hasrul Nawir
Editor: Abu Asyraf
RSUD Andi Makkasau Parepare Jadi Lokasi TCM, Hasil Tes Covid-19 Hanya Butuh 45 Menit
RSUD Andi Makkasau kembali mendapat kepercayaan. Satu dari tiga tempat pemeriksaan Covid-19 menggunakan mesin Tes Cepat Molekuler (TCM) di Sulawesi Selatan. 

RAKYATKU.COM,PAREPARE - RSUD Andi Makkasau kembali mendapat kepercayaan. Satu dari tiga tempat pemeriksaan Covid-19 menggunakan mesin Tes Cepat Molekuler (TCM) di Sulawesi Selatan. 

Penunjukan itu berdasarkan SK Menteri Kesehatan. Ada 132 rumah sakit dan puskesmas di seluruh Indonesia. RSUD Andi Makkasau salah satunya.

Dua rumah sakit lainnya di Sulsel yakni RSUP dr Wahidin Sudirohusodo dan RS Labuang Baji, Makassar.

Wali Kota Parepare, Taufan Pawe mengatakan, pemerintah kota akan terus berkoordinasi dengan RSUD Andi Makkasau untuk mempersiapkan segala kebutuhan dalam melakukan metode TCM.

Mulai dari ketersediaan alat tes, biosafety cabinet, hingga kelengkapan lainnya. Metode Tes Cepat Molekuler (TCM) ini bisa mendeteksi infeksi Covid-19 dalam waktu 45 menit.

loading...

"Semoga dalam waktu dekat telah dapat dilakukan pemeriksaan. Sehingga tidak terjadi antrean panjang di beberapa laboratorium yang telah ditunjuk di Makassar," harap Taufan Pawe, Rabu (8/4/2020).

"Mohon doata semua agar seluruh langkah yang kita lakukan dapat membuahkan hasil. Dan kita semua terbebas dari musibah ini," lanjut Taufan.

Kepala Instalasi Laboratorium RSUD Andi Makkasau, dr Aryanti menjelasakan, pihaknya secara teknis sudah siap untuk menjalankan amanah dari Kemenkes.

"Alatya sudah ada yang merupakan bantuan dari Kemenkes. Termasuk biosafety cabinet. Kita sudah punya tenaga yang dilatih khusus tiga orang. Sisa menunggu protokoler dari Kemenkes seperti apa," terang dokter spesialis patologi klinik tersebut.

Loading...
Loading...