Selasa, 07 April 2020 21:54 WITA

Harus Minta Izin Polisi untuk Keluar Rumah, Warga Bertanya: Bolehkah Saya ke Rumah Istri Kedua?

Editor: Abu Asyraf
Harus Minta Izin Polisi untuk Keluar Rumah, Warga Bertanya: Bolehkah Saya ke Rumah Istri Kedua?
Jalanan di Dubai disemprot menggunakan drone.

RAKYATKU.COM - Dubai menerapkan program sterilisasi 24 jam. Seluruh warga dilarang keluar rumah, kecuali berbelanja barang kebutuhan penting.

Itu pun tidak bisa seenaknya. Setiap warga yang hendak keluar rumah wajib mendapatkan izin resmi dari kepolisian. Jika keluar tanpa izin, maka dikenakan denda. 

Pada masa sosialisasi, polisi Dubai berbicara di salah satu stasiun radio lokal. Banyak warga yang bertanya langsung seputar program sterilisasi tersebut.

Seorang pria bertanya melalui telepon. Apakah dia memerlukan izin untuk pergi ke rumah kedua istrinya.

Seorang pejabat senior Kepolisian Dubai berada di radio lokal menjawab pertanyaan dari para penelepon ketika pertanyaan itu muncul.

"Aku menikah dengan dua wanita," kata si penelepon.

"Apakah saya mendapatkan izin ketika saya pindah dari rumah ke rumah?"

Brigadir Saif Muhair Al Mazroui, direktur Departemen Lalu Lintas di Polisi Dubai langsung tertawa.

Dia mengatakan, kalau tidak mendapatkan izin, maka itu akan menjadi alasan bagi penelepon tersebut untuk tidak menemui istrinya yang lain jika dia tidak ingin bersamanya.

"Saya menerima banyak pertanyaan seperti ini," kata Al Mazroui. 

"Izin ini hanya untuk satu kali. Orang perlu mengajukan izin setiap kali mereka meninggalkan rumah mereka untuk hal-hal yang diperlukan," tambahnya.

Al Mazroui mengatakan, tujuan izin itu adalah untuk melindungi orang dari virus corona dan membatasi penyebarannya.

loading...

"Tidak logis memberi seseorang izin mingguan untuk membeli barang-barang penting karena kami bertujuan mengurangi pergerakan di jalan," katanya.

"Area yang dulu membutuhkan waktu satu pekan untuk benar-benar tertutup, dapat dilakukan dalam satu hari sekarang. Itu akan mempercepat kembalinya ke kehidupan kita sehari-hari," tambahnya.

Pertanyaan lain berkisar dari kapan virus corona akan berakhir dan apakah orang memerlukan izin untuk berjalan-jalan dengan hewan peliharaan mereka.

"Individu tidak diperbolehkan meninggalkan rumah kecuali untuk tujuan penting atau jika mereka bekerja di sektor vital selama program sterilisasi nasional," polisi Dubai menjawab lewat akun twitter.

Berjalan dengan hewan peliharaan tidak dianggap sebagai kategori penting atau alasan yang dibenarkan untuk mendapatkan izin.

Polisi Dubai juga menyarankan orang untuk pergi berbelanja dalam jumlah besar dengan izin dan menunjukkan tanda terima.

"Orang harus menggunakan sepeda hanya untuk pergi ke supermarket atau apotek. Tidak dibenarkan bersepeda di sekitar rumah mereka sebagai bentuk rekreasi atau bersantai," pejabat itu menambahkan.

Polisi Dubai menambahkan bahwa mereka yang mendapatkan izin untuk mengunjungi toko-toko dengan jalan kaki atau bersepeda untuk berbelanja barang-barang penting harus mengenakan sarung tangan, masker, dan menjaga jarak aman dari yang lain. 

Hanya satu orang dari setiap keluarga yang diizinkan pergi. Anak-anak harus tinggal di rumah bersama orang dewasa lainnya.


 

Loading...
Loading...