Selasa, 07 April 2020 21:24 WITA

Soal Wacana Penumpang Kapal Isolasi 14 Hari, Pemkot Parepare Minta Gubernur Tinjau Ulang

Penulis: Hasrul Nawir
Editor: Abu Asyraf
Soal Wacana Penumpang Kapal Isolasi 14 Hari, Pemkot Parepare Minta Gubernur Tinjau Ulang
Wali Kota Parepare, Taufan Pawe

RAKYATKU.COM - Pemerintah Kota Parepare meminta gubernur Sulsel mempertimbangkan wacana isolasi warga dari luar Sulsel yang turun di Pelabuhan Nusantara Parepare.

Penumpang yang turun di Pelabuhan Nusantara dalam sepekan mencapai 1.000 orang lebih. Pertimbangannya, di mana warga sebanyak itu bisa ditampung untuk diisolasi selama 14 hari.

Selain itu, ribuan orang yang turun di Pelabuhan Nusantara didominasi warga luar Parepare. Hanya sebagian kecil warga asli Parepare.

Wali Kota Parepare, Taufan Pawe sudah membahas masalah itu dengan forkopimda. Hasilnya sudah dilaporkan kepada gubernur dan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sulsel.

"Ada beberapa rekomendasi kesepakatan kami forkopimda. Kami akan laporkan ke tingkat provinsi sekaligus diikuti opsi. Kami harap Bapak Gubernur, Pangdam, Kapolda, Kajati, dan Tim Gugus Tugas Provinsi bisa memahami kondisi di Parepare. Tapi kami juga berikan rekomendasi solusi seperti apa," ungkap Taufan.

Sejauh ini, kata Taufan, langkah antisipasi pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19) di pelabuhan sudah intensif dilakukan Pemkot melalui Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, dan Tim Gugus Tugas Covid-19.

Salah satunya dengan melakukan proteksi terhadap penumpang kapal yang turun di pelabuhan.

loading...

Seperti saat KM Kirana yang berasal dari Balikpapan bersandar dengan memuat kurang lebih 165 penumpang. Mereka dijemput langsung pemerintah daerah asal penumpang. 

Namun, terlebih dahulu para penumpang mendapatkan sterilisasi dari tim kesehatan pelabuhan.

"Semoga segala langkah antisipasi yang telah kita lakukan, dapat memutus penyebaran Covid-19 di Kota Parepare," harap Taufan.

Gubernur Sulsel,Nurdin Abdullah dalam kunjungannya ke Pelabuhan Nusantara beberapa hari yang lalu mengaku  tidak mengambil kebijakan menutup Pelabuhan Nusantara, namun mengambil kebijakan isolasi 14 hari terhadap penumpang yang turun.

"Kalau bisa kita sepakat, kita tidak menutup, tapi semua masuk Parepare harus isolasi 14 hari. Agar masa inkubasi itu dijalani. Kalau itu selesai baru kita yakini tidak ada masalah," tegas Nurdin.

"Saya dan Pak Wali akan menyiapkan tempat isolasinya. Jadi, ini virus tidak membunuh manusia saja, tapi membunuh ekonomi juga. Ini juga yang harus kita pikirkan. Kita tidak melarang mudik, tapi kalau bisa kita tunda dulu mudiknya," tambah Nurdin. 
 

Loading...
Loading...