Minggu, 05 April 2020 09:30 WITA

Pemkab dan Forkopimda Bantaeng Antarkan Bahan Pokok ke ODP, Jelaskan Tata Cara Isolasi

Penulis: Irmawati Azis
Editor: Abu Asyraf
Pemkab dan Forkopimda Bantaeng Antarkan Bahan Pokok ke ODP, Jelaskan Tata Cara Isolasi

RAKYATKU.COM,BANTAENG - Pemerintah Kabupaten Bantaeng bersama unsur forkopimda bergerak untuk penanganan Covid-19 di Bantaeng.

Sejumlah titik yang terdeteksi Orang Dalam Pemantauan (ODP) diberikan bantuan bahan pokok. Mengingat, ODP harus melakukan isolasi mandiri.

Unsur forkompinda yang terdiri kapolres, komandan Kodim 1410 Bantaeng, dan asisten I Setda Bantaeng mewakili Bupati Bantaeng dan Kadis Kesehatan mendatangi satu per satu ODP. 

Pada Sabtu (4/4/2020), ada tujuh lokasi yang dikunjungi. Dua titik di Dusun Bunga Biraeng Desa Lumpangang. Wilayah Puskesmas Kassi-Kassi. Lima titik di wilayah kerja Puskesmas Dampang yaitu Gantarangkeke, Dampang, Lembang Galung, Ujung Pangi, dan Palanjong.

Pada kesempatan ini, secara bergantian unsur forkompinda menyerahkan bantuan paket bahan pokok kepada keluarga Orang Dalam Pemantauan (ODP). 

Selain bahan pokok, juga diberikan bantuan masker terkhusus kepada ODP dan orang sekitarnya.

Kepala Dinas Kesehatan, dr Ihsan mengatakan, masker diberikan sebanyak dua lembar kepada masing-masing anggota keluarga yang dinyatakan ODP. 

loading...

Dia juga menerangkan tata cara isolasi mandiri kepada orang yang dipantau dan keluarganya.

"Setiap orang dapat dua lembar masker ya. Setiap hari diganti maskernya dengan yang bersih. Satu dipakai satu lagi dicuci jika selesai digunakan. Tinggal terpisah ki dulu selama masa pemantauan," kata dia. 

Dia berharap, bantuan sembako akan membantu meringankan beban mereka selama menjalani masa isolasi mandiri. 

"Selama 14 hari sejak kepulangan dari daerah terjangkit Covid-19," ujar dr Ihsan.

Selain itu dilakukan secara serentak pembagian paket bahan pokok di berbagai wilayah puskesmas. Sebarannya, Bissappu 13 paket, Sinoa 6 paket, Loka 2 paket, Labbo 2 paket, Ulugalung 4 paket, Baruga 3 paket. Totalnya 37 paket.

Pembagian paket bahan pokok dan masker ini didukung PT Huadi Nickel Alloy Indonesia dan Dekranasda Bantaeng. 
 

Loading...
Loading...