Minggu, 05 April 2020 09:00 WITA

18 Negara Aman dari Virus Corona, Satu di Antaranya Pernah Dicukur Timnas Indonesia 6-0

Editor: Abu Asyraf
18 Negara Aman dari Virus Corona, Satu di Antaranya Pernah Dicukur Timnas Indonesia 6-0
Vanuatu, masih bebas dari virus corona.

RAKYATKU.COM - Delapan belas negara masih aman dari virus corona. Wilayah yang terpencil tampaknya menolong mereka dari penyebaran virus mematikan itu.

Satu di antara negara itu adalah Vanuatu. Sebuah negara kepulauan di Samudra Pasifik bagian selatan. Terletak di sebelah timur Australia, timur laut Kaledonia Baru, barat Fiji, dan selatan Kepulauan Solomon.

Vanuatu dihuni oleh bangsa Melanesia seperti orang Papua. Orang Eropa pertama yang mengunjungi pulau ini adalah Fernandes de Queiros dari Portugis beserta armadanya dari Spanyol yang sampai ke daerah ini pada tahun 1606.

Spanyol dan Portugal masih bersatu di bawah pimpinan raja Spanyol sejak tahun 1580. Queiros mengklaim kepulauan ini untuk Spanyol sebagai bagian dari Hindia Timur Spanyol, kemudian memberinya nama La Austrialia del Espíritu Santo.

Pada tahun 1880, kepulauan ini jatuh ke tangan Prancis dan Britania Raya. Pada tahun 1906, kedua negara ini setuju untuk membentuk pemerintahan bersama atau kondominium yang diberi nama Hebrides Baru. 

Gerakan kemerdekaan mulai muncul tahun 1970, dan akhirnya Republik Vanuatu berdiri tahun 1980. Vanuatu kemudian menjadi anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa, Persemakmuran Britania, Francophonie, dan Forum Kepulauan Pasifik.

Tahun lalu, tim nasional Vanuatu sempat menjalani laga persahabatan dengan Timnas Indonesia. Digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta pada 15 Juni 2019.

Hasilnya, Timnas Indonesia mencukur mereka dengan skor 6-0. Gol-gol Indonesia diborong Alberto Goncalves empat gol dan Evan Dimas Darmono dua gol. 

Vanuatu salah satu negara terpencil yang masih bebas dari virus corona. Negara terpencil lain yang bebas Covid-19 yakni Kiribati, Kepulauan Marshall, Mikronesia, Nauru, Palau; Kepulauan Solomon, Tuvalu, dan Tonga.

Komoro, negara kepulauan kecil di Samudra Hindia yang merupakan anggota penuh Liga Arab, adalah satu dari dua negara di dunia Arab yang terhindar dari wabah virus corona.

Yang lainnya adalah Yaman yang dilanda perang. 
Kementerian kesehatan di Komoro, satu-satunya negara Arab yang terletak di belahan bumi selatan, mengatakan bahwa mereka belum mendeteksi satu pun kasus Covid-19 di pulau itu.

Covid-19 juga belum mencapai Yaman. Tetapi mengingat situasi saat ini dari sistem perawatan kesehatan, setelah bertahun-tahun konflik yang menghancurkan, itu akan menjadi bencana jika penyakit itu menyerang Yaman, negara Arab termiskin.

Korea Utara juga belum melaporkan satu pun kasus virus itu. Walau bertetangga dengan China. Fakta bahwa Korea Utara telah bekerja keras untuk menjadikan dirinya sebagai negara yang paling terisolasi di dunia selalu membantu. 

Namun, beberapa analis tetap skeptis terhadap pernyataan Korea Utara.

Meskipun tidak sedekat Korea Utara, Tajikistan dan Turkmenistan juga merupakan negara-negara yang relatif tertutup yang juga termasuk di antara yang paling jarang dikunjungi. 

Paparan mereka ke dunia luar sangat terbatas, dan ini mungkin berkontribusi pada tidak adanya Covid-19 di sana.

Tiga negara Afrika juga masih aman. Lesotho, Sudan Selatan, dan Sao Tome dan Principe juga bebas Covid-19. Ketiga tempat itu sulit dijangkau. Sementara Sudan Selatan sedang terjadi konflik bersenjata.

Daftar negara yang bebas virus corona yang dihimpun BBC:

1. Komoro

loading...

2. Kiribati

3. Lesotho

4. Pulau Marshall

5. Mikronesia

6.Nauru

7. Korea Utara

8. Palau

9. Samoa

10. Sao Tome dan Principe

11. Pulau Solomon

12. Sudan Selatan

13. Tajikistan

14. Tonga

15. Turkmenistan

16. Tuvalu

17. Vanuatu

18. Yaman

Loading...
Loading...