Kamis, 02 April 2020 18:00 WITA

Kirim Surat ke Menkes, Anies Minta Percepat Status dan Bantuan Pemerintah Pusat

Editor: Abu Asyraf
Kirim Surat ke Menkes, Anies Minta Percepat Status dan Bantuan Pemerintah Pusat
Anies Baswedan

RAKYATKU.COM - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan berharap pemerintah pusat bisa bekerja lebih cepat. Terutama dalam merealisasikan keputusan yang sudah diambil.

Menurutnya, penanganan corona perlu langkah cepat. Itu untuk menanggulangi dampak yang ditimbulkan.

"Kami butuhkan terkait dengan pemerintah pusat yang pertama adalah menyegerakan untuk mendapatkan status. Agar kita bisa mengeluarkan peraturan," tuturnya, Kamis (2/4/2020).

"Kemudian yang kedua, kita mengharapkan agar program-program bantuan yang tadi dibahas bersama dalam ratas (rapat terbatas) bisa dieksekusi," tambah mantan menteri pendidikan dan kebudayaan tersebut.

Anies Baswedan juga telah mengirim surat kepada Kementerian Kesehatan. Dia meminta Kemenkes segera menetapkan PSSB bagi Jakarta.

Itu diungkap Anies saat menyampaikan laporan kepada Wakil Presiden, Ma'ruf Amin.

loading...

Anies mengatakan dalam PP 21, gubernur hanya bisa mengatur satu provinsi. Sementara menurutnya epicenter corona terdapat di 3 provinsi.

"Tapi ada concern-nya pak Wapres di sini. Dalam PP 21 itu gubernur hanya bisa mengatur pergerakan dalam satu provinsi. Sementara epicenternya tiga provinsi. Karena Jabodetabek ini ada yang Jawa Barat, ada yang Banten," kata Anies.

Oleh sebab itu, Anies menyebut pihaknya mengusulkan adanya kebijakan tersendiri bagi kawasan Jabodetabek. Sehingga batas administrasi berbeda dengan penyebaran Corona di Jabodetabek.

"Karena itu kami mengusulkan agar ada kebijakan tersendiri untuk kawasan Jabodetabek, dimana batas-batas administrasi pemerintahan itu berbeda dengan penyebaran kasus Covid di Jabodetabek," lanjutnya.

Loading...
Loading...