Rabu, 01 April 2020 19:22 WITA

Sekjen PBB Antonio Guterres: Virus Corona Ancaman Global Terbesar Sejak Perang Dunia II

Editor: Abu Asyraf
Sekjen PBB Antonio Guterres: Virus Corona Ancaman Global Terbesar Sejak Perang Dunia II
Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres

RAKYATKU.COM - Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres menyebut virus corona sebagai krisis global terbesar sejak Perang Dunia II. 

Wabah ini memicu resesi ekonomi yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Guterres mengatakan, dampak sosial ekonomi dari pandemi berkontribusi pada ketidakstabilan yang meningkat, kerusuhan yang meningkat, dan konflik yang meningkat.

Guterres menyerukan tanggapan global yang lebih kuat dan lebih efektif terhadap pandemi. Apalagi kini sudah mencapai 850.000 kasus dengan hampir 42.000 kematian.

Dia menekankan, ini hanya mungkin dilakukan jika semua orang bersatu dan melupakan permainan politik. Sebaliknya, memahami bahwa nyawa manusia sedang dipertaruhkan.

"Besarnya respons harus sesuai dengan skala krisis, skala besar, terkoordinasi dan komprehensif, dengan respons negara dan internasional dipandu oleh Organisasi Kesehatan Dunia," katanya.

loading...

Guterres juga mengumumkan pembentukan Dana Respons dan Pemulihan Covid-19 untuk mendukung upaya di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah. Tujuannya, mempercepat pemerintah untuk mengatasi krisis dan mendorong pemulihan.

Virus corona terus menimbulkan kekacauan di seluruh dunia. Beberapa negara melaporkan peningkatan kasus dalam jumlah besar. 

Prancis melaporkan hari tergelapnya dengan 499 kematian akibat virus corona dalam 24 jam. Menjadikan total korban jiwa negara itu menjadi 3.523.

Ini menandai lompatan kematian terbesar sejak awal pandemi. Prancis memiliki total 52.128 kasus Covid-19, menurut angka resmi. 

Sekarang ada 22.757 orang dirawat di Prancis dengan Covid-19. Sebanyak 5.565 di antaranya dirawat intensif, kata pejabat kesehatan Jerome Salomon.
 

Loading...
Loading...