Rabu, 01 April 2020 09:45 WITA

Sejumlah Desa di Barru Terapkan Karantina Lokal

Penulis: Achmad Afandy
Editor: Abu Asyraf
Sejumlah Desa di Barru Terapkan Karantina Lokal
Sejumlah desa di Kabupaten Barru ramai-ramai menerapkan karantina lokal.

RAKYATKU.COM,BARRU - Sejumlah desa di Kabupaten Barru ramai-ramai menerapkan karantina lokal. Hal ini bertujuan membatasi pergerakan orang keluar-masuk di wilayah masing-masing.

Desa yang terpantau menerapkan karantina lokal itu di antaranya, Desa Cilellang, Desa Bacu-Bacu, Desa Harapan, Desa Ajakkang, dan Desa Balusu.

Karantina lokal ditandai dengan pemberian palang pintu di wilayah dusun pemukiman warga. Jalan dibuat menjadi satu akses saja.

Kepala Desa Cilellang, Rudi Hartono mengatakan, karantina lokal yang dilakukan di wilayahnya sudah berjalan sejak beberapa hari yang lalu.

Untuk mengawasi pergerakan warga, Rudi mengaku membentuk tim relawan yang jumlahnya 60 orang. Mereka berjaga bergiliran di tiap palang pintu. Mereka mendata siapa saja yang keluar-masuk di daerahnya.

"Karantina lokal ini merupakan upaya kami melindungi warga dari wabah virus corona, selain sosialisasi yang kita lakukan setiap hari," kata Rudi Hartono, Rabu (1/4/2020).

loading...

Dari 10 ruas jalan di desanya, lima di antaranya sudah ditutup portal. Desa Cilellang, Kecamatan Mallusetasi juga memberlakukan aturan jam malam. 

Di atas pukul 22.00 wita, tidak ada lagi yang diperkenankan keluar-masuk. Selain itu, orang yang ingin masuk di wilayahnya wajib cuci tangan terlebih dahulu di tempat yang sudah disiapkan.

Upaya sejumlah desa melakukan karantina lokal itu mendapat dukungan dari Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Kabupaten Barru. 

Juru bicara dr Amis Rivai mengatakan karantina lokal punya tujuan bagus, yakni memudahkan pengontrolan.

Loading...
Loading...