Senin, 30 Maret 2020 15:00 WITA

Banyak Orang Tua Tak Punya Smartphone, Sekolah Online Tak Efektif di Jeneponto

Penulis: Zul Lallo
Editor: Abu Asyraf
Banyak Orang Tua Tak Punya Smartphone, Sekolah Online Tak Efektif di Jeneponto
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisbud) Jeneponto, Nur Alam.

RAKYATKU.COM - Sekolah jarak jauh tak terlalu efektif di Jeneponto. Masih banyaknya orang tua murid yang tidak punya smartphone salah satu kendalanya.

Pemerintah Kabupaten Jeneponto baru saja memperpanjang masa belajar di rumah. Awalnya hanya sampai 31 Maret. Sekarang diperpanjang hingga 15 April 2020.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Nur Alam mengakui tidak efektifnya sekolah jarak jauh selama dua pekan terakhir. 

Dia mendesak tenaga pendidik agar memikirkan cara alternatif agar pengajaran tetap berlangsung. Masa belajar di rumah harus benar-benar dimanfaatkan untuk tetap belajar. Bukan liburan.

Di luar itu, kebijakan merumahkan anak sekolah dianggap cukup efektif. Agar siswa-siswi tidak berinteraksi dengan orang luar yang kemungkinan membawa virus corona.

loading...

"Kita syukuri karena sampai saat ini dengan hari ini, kita belum mendengar ada yang positif corona. Ini menunjukkan bahwa alhamdulillah kegiatan belajar di rumah mereka betul-betul dipatuhi," sebut Nur Alam.

Mereka juga mengaku sudah menerima laporan, terkait sekolah yang tidak efektif. Dan kelihatannya seperti betul-betul libur. Tentu akan dilakukan evaluasi. Namun, kata dia, terdapat sekolah tertentu bagus, dalam melakukan pembelajaran di rumah. 

"Sementara kita evaluasi yang tidak efektif belajar di rumah. Tapi di sekolah-sekolah tertentu ada yang bagus. Bahkan menggunakan model daring belajar jarak jauh melalui teknologi media sosial, tetap ada juga yang belum berjalan," tuturnya.

"Saya mungkin akan lebih penekanan penugasan semacam pekerjaan rumah anak-anak melaksanakan PR di rumah. Dan disetor jawabannya melalui WA atau model aplikasi daring atau jarak jauh," tambahnya.

Loading...
Loading...