Senin, 30 Maret 2020 11:15 WITA

Petani Rilau Ale Bulukumba Ramai-Ramai Jadi Relawan Pencegahan Covid-19

Penulis: Rahmatullah
Editor: Abu Asyraf
Petani Rilau Ale Bulukumba Ramai-Ramai Jadi Relawan Pencegahan Covid-19

RAKYATKU.COM - Belasan petani berbaris di pinggir jalan, Minggu pagi (29/3/2020). Di depan mereka tergeletak semprotan gendong.

Mereka adalah warga Desa Tanah Harapan, Kecamatan Rilau Ale, Bulukumba. Biasanya, semprotan itu digunakan ke sawah atau kebun.

Di tengah wabah virus corona, petani beralih jadi relawan. Tak hanya laki-laki, istri mereka ikut terlibat. Para suami melakukan penyemprotan disinfektan. Ibu-ibu keliling rumah membagikan masker.

Aksi ini dikoordinasi Babinsa dan Bhabinkamtibmas desa setempat. 

Puluhan warga ini bergerak atas keinginan sendiri. Bersama pemerintah merelakan waktunya untuk bersama mencegah Covid-19. Agar tak menular ke keluarga mereka.

Cairan disinfektan yang dibagikan ke warga adalah bantuan dari donatur. Termasuk ada beberapa bantuan dana desa dari Desa Tanah Harapan dan desa lainnya di Kecamatan Rilau Ale.

"Warga memang yang menginginkan. Sebab, penyampaian sudah dibacakan di masjid-masjid. Surat edaran sudah ditempel. Sosialisai keliling desa bersama Kapus (kepala puskesmas) juga telah dilakukan," ujar Fitriani, ketua BPD Desa Tanah Harapan.

loading...

Ibu-ibu membagikan masker gratis kepada warga. Satu rumah mendapat jatah dua. 

"Agar maskernya aman, kami bungkus dengan plastik lalu kita bagikan. Kami juga menggunakan sarung tangan karet agar lebih klinis," tambah Fitri.

Menurut Fitri, sejumlah desa telah dilakukan penyemprotan yakni, Desa Topanda, Pangalloang, Batukaropa, Bajiminasa, Bontobangung, Kelurahan Palampang, dan beberapa desa lainnya yang dilanjutkan Senin (30/3/2020).

"Kami melihat di daerah-daerah tetangga sudah melakukan penyemprotan, makanya kami merasa di daerah kami juga perlu hal ini. Kalau memang belum ada biaya dari pemerintah atau desa, kami siap kumpul-kumpul uang untuk mendanai," ujar Syam, warga Bontobangun.

Pihaknya pun mendorong pemerintah untuk mencairkan dana alokasi bencana yang telah dianggarkan di setiap tahun. Agar bisa membantu melakukan penanganan Covid-19.
 

Loading...
Loading...