Jumat, 27 Maret 2020 22:30 WITA

Prediksi Virus Corona Sejak 2018, Drama Korea My Secret Terrius Meledak di Inggris

Editor: Abu Asyraf
Prediksi Virus Corona Sejak 2018, Drama Korea My Secret Terrius Meledak di Inggris

RAKYATKU.COM - Drama Korea, My Secret Terrius, paling banyak meledak di Inggris. Menempati peringkat kelima paling banyak ditonton di Netflix.  

Drama itu menceritakan tentang virus corona. Seperti flu dengan masa inkubasi hingga 14 hari. Menyerang paru-paru dan tidak memiliki vaksin.  

Dalam film itu disebutkan, virus 'mutan' digunakan sebagai senjata yang dapat membunuh hampir 90 persen korbannya.  

Pada Jumat pagi, My Secret Terrius telah melonjak ke dalam lima penawaran Netflix paling populer di Inggris. Unggul atas program-program seperti Better Call Saul dan Love Is Blind. 

Adegan yang menarik perhatian mendekati akhir episode sepuluh. Ketika seorang karakter melihat seorang dokter yang memberinya temuan yang mengkhawatirkan. 

"Kita harus melakukan lebih banyak penelitian. Tetapi itu terlihat seperti virus corona mutan," kata dokter ketika dia menjelaskan senjata itu. 

Membandingkannya dengan wabah virus sebelumnya, dia mengatakan, MERS, SARS, flu biasa. Mereka semua jatuh dalam keluarga yang sama dengan informasi gen yang sama. 

Wabah MERS dan SARS keduanya disebabkan oleh virus corona dalam keluarga yang sama dengan yang menyebabkan Covid-19. 

MERS bahkan lebih mematikan daripada yang ditunjukkan oleh acara itu dengan tingkat kematian 34,4 persen, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).  

Dalam acara Netflix, karakter lain bertanya kepada dokter, "Tapi itu tidak cukup serius untuk digunakan sebagai senjata. Apakah aku salah?"

Tenaga medis menjawab, "Seperti yang saya katakan, ini adalah virus mutan. Seseorang men-tweak untuk meningkatkan angka kematian hingga hampir 90 persen." 

"Yang lebih serius adalah bahwa virus corona memiliki masa inkubasi dua hingga 14 hari. Virus ini dimanipulasi untuk menyerang paru-paru secara langsung hanya dalam waktu lima menit setelah terpapar," lanjutnya.

loading...

Masa inkubasi 14 hari sesuai dengan apa yang dikatakan para pakar kesehatan tentang virus saat ini. 

Namun, angka kematian 90 persen jauh lebih tinggi dari angka kehidupan nyata untuk Covid-19, yang saat ini sekitar 4,5 persen dan mungkin sebenarnya lebih rendah.  

Ditanya tentang kemungkinan penyembuhan, dokter di acara itu mengatakan, "Tidak ada obat atau vaksin yang tersedia saat ini. Mereka sulit berkembang." 

Hal yang sama berlaku untuk virus dunia nyata, meskipun para ilmuwan di seluruh dunia dengan panik berusaha menemukan vaksin. 

Berbekal informasi itu, para pahlawan drama Netflix kemudian mulai berusaha menggagalkan serangan biologis yang mereka khawatirkan akan menyerang gym sekolah.

Dokter di acara Netflix memperingatkan bahwa tidak ada obat atau vaksin saat ini, sebuah tantangan yang saat ini dihadapi oleh para ahli ilmiah dunia

Di gym, seorang menteri kesehatan yang sedang berkunjung menunjukkan kepada anak-anak cara mencuci tangan untuk menghentikan penyebaran penyakit. Paralel dengan peringatan kesehatan masyarakat saat ini. 

Acara ini awalnya disiarkan di Korea Selatan antara September dan November 2018. Semua enam belas episode tersedia di Netflix. Acara ini telah naik peringkat sejak orang-orang mulai melihat kesamaan dengan virus corona saat ini.  

Korea Selatan adalah pusat awal dari wabah dunia nyata, tetapi sejak itu telah dikalahkan oleh epidemi yang meningkat di Eropa. Banyak kasus di Korea telah dikaitkan dengan sekte keagamaan rahasia di kota selatan Daegu.   

Korea Selatan saat ini mencatat 9.332 kasus dan 139 kematian. 

Loading...
Loading...