Jumat, 27 Maret 2020 07:00 WITA

Bantaeng Juga Tiadakan Salat Berjemaah di Masjid, Azan Tetap Berkumandang Setiap Waktu

Penulis: Irmawati Azis
Editor: Abu Asyraf
Bantaeng Juga Tiadakan Salat Berjemaah di Masjid, Azan Tetap Berkumandang Setiap Waktu

RAKYATKU.COM,BANTAENG - Salat berjemaah di masjid dihentikan sementara di Bantaeng. Termasuk salat Jumat, 27 Maret 2020.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bantaeng telah menerbitkan imbauan resmi. Tertanggal 24 Maret 2020. Diteken Ketua Bidang Dakwah, KM Hamza Israil dan Sekretaris Umum, Dr H Muh Natsir. 

Imbauan bernomor F-035/DP-K.03/III/2020 itu, berdasarkan hasil rapat MUI bersama Kementerian Agama dan seluruh organisasi keagamaan. Digelar ruang rapat bupati Bantaeng, Selasa (24/3/2020).

Ada tujuh poin yang termaktub dalam imbauan itu.

Pertama, mengimbau kepada umat Islam di Bantaeng untuk sementara waktu salat di rumah. Salat Jumat diganti dengan salat zuhur di rumah masing-masing.

Kedua, pengurus masjid diminta mengondisikan muazin agar tetap mengumandangkan azan di setiap waktu salat. Namun, umat Islam diserukan salat di tempat masing-masing.

loading...

Ketiga, menghindari segala bentuk aktivitas yang sifatnya mengumpulkan orang atau berkurumun. Misalnya pelaksanaan hari-hari besar Islam, pesta pernikahan, berkumpul di warkop, arisan, reuni, dan lain-lain.

Selanjutnya, diimbau taat dan patuh terhadap social distancing atau menjaga jarak aman. Serta menjaga kebersihan lingkungan dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat. Termasuk selalu berwudu dan cuci tangan menggunakan sabun. 

Bagi warga Muslim Bantaeng, diminta untuk memperbanyak salawat dan doa qunut nazilah serta meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah subhanahu wata'ala.

Diimbau pula kepada warga untuk tetap berada di rumah. Tidak bepergian, kecuali kalau ada kebutuhan yang sifatnya sangat mendesak. 

Terakhir, kepada masyarakat Bantaeng untuk menahan diri agar tidak menyebarkan berita atau informasi hoaks mengenai Covid-19 yang bisa meresahkan masyarakat lainnya.

Loading...
Loading...