Kamis, 26 Maret 2020 09:00 WITA

Semua Orang Harus Merasa Seolah-olah Terinfeksi Virus Corona

Editor: Abu Asyraf
Semua Orang Harus Merasa Seolah-olah Terinfeksi Virus Corona
nteri Selandia Baru, Jacinda Ardern

RAKYATKU.COM - Ajakan ini datang dari Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern. Namun, rasanya berlaku bagi siapa pun di seluruh dunia saat ini.

Pada Rabu (25/3/2020), dia mengajak seluruh warganya untuk berperilaku seolah-olah mereka terinfeksi virus corona. Lalu, memutuskan semua kontak fisik di luar rumah tangga.

"Jika Anda memiliki pertanyaan tentang apa yang dapat atau tidak dapat Anda lakukan? Terapkan prinsip sederhana: bertindak seperti Anda memiliki Covid-19," kata Ardern.

"Setiap langkah yang Anda lakukan adalah risiko bagi orang lain. Itulah sebabnya kita semua harus berpikir bersama. Karena itulah kegembiraan mengunjungi keluarga, anak-anak, cucu, teman, tetangga secara fisik ditahan. Karena kita semua sekarang mengutamakan satu sama lain. Dan itulah yang kita sebagai bangsa lakukan dengan sangat baik," lanjutnya.

Kemarin, kasus Covid-19 di Selandia Baru bertambah 50 kasus. Kini totalnya menjadi 205 orang.

Pemerintah telah memberlakukan isolasi diri untuk semua orang, dengan semua layanan, sekolah, dan kantor yang tidak penting ditutup selama sebulan.

"Jangan salah ini akan menjadi lebih buruk sebelum menjadi lebih baik," katanya.

Kota-kota sepi

loading...

Selandia Baru, dengan sekitar lima juta penduduk memiliki lebih sedikit infeksi daripada banyak negara lain. Tetapi pemerintah Ardern ingin bergerak cepat untuk menghentikan penyebaran. 

Itu adalah salah satu yang pertama untuk memaksa semua pelancong yang datang untuk mengisolasi diri. Juga melarang pertemuan besar.

Semua layanan yang tidak penting seperti bar, restoran, kafe, gimnasium, bioskop, kolam renang, museum, perpustakaan, taman bermain, dan tempat lain di mana umat umum akan ditutup sementara.

Kota-kota besar seperti Auckland dan Wellington tampak kosong pada hari Rabu ketika bisnis tutup, kafe tutup dan semua kantor mengunci pintu mereka.

Pemerintah telah mengumumkan dukungan miliaran dolar untuk bisnis kecil, pekerja dan keluarga, dan menjanjikan lebih banyak dalam beberapa hari mendatang.

Ardern juga mengumumkan pembekuan enam bulan pada kenaikan sewa perumahan dan peningkatan perlindungan dari penghentian sewa.

Loading...
Loading...