Rabu, 25 Maret 2020 00:01 WITA

Lion Air Group Terapkan Physical Distancing, Anggota TNI-Polri Ditempatkan Dekat Jendela Darurat

Editor: Abu Asyraf
Lion Air Group Terapkan Physical Distancing, Anggota TNI-Polri Ditempatkan Dekat Jendela Darurat

RAKYATKU.COM – Tiga maskapai di bawah Lion Air Group mulai menerapkan physical distancing atau sistem jaga jarak aman. Ketiganya yakni Lion Air, Wings Air, dan Batik Air.

Pengaturan jarak dilakukan mulai nomor kursi saat check-in atau pelaporan. Baik penumpang yang check-in di meja pelaporan, web check in, maupun fasilitas pelaporan mandiri yang tersedia di bandar udara.

Selain itu, pengaturan jarak antar penumpang juga berlaku ketika berada di ruang tunggu. Juga pada saat proses masuk ke dalam kabin pesawat. Baik yang menggunakan tangga belalai atau garbarata dan tangga biasa. 

Pengaturan ini juga berlaku bagi penumpang yang berada di dalam bus saat menuju ke pesawat dan turun dari pesawat.

"Terdapat jarak antar penumpang saat duduk di dalam pesawat. Awak kabin dan petugas layanan darat akan membantu teknis pengaturan jarak antar penumpang ketika berada di kabin pesawat," jelas Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro, Selasa (24/3/2020).

loading...

Tempat duduk bagi penumpang di dalam kabin juga diatur. Kursi yang berada di baris pintu dan jendela darurat, harus terisi. Diprioritaskan bagi orang dewasa. 

Diutamakan untuk penumpang yang tidak bepergian bersama keluarga, memenuhi ketentuan fisik, orang berprofesi militer atau polisi, awak pesawat yang tidak bertugas, dan memahami instruksi dari awak kabin dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Selain itu, kata Danang, penumpang juga akan disemprot disinfektan, penggunaan sarung tangan, pengecekan suhu tubuh, penggunaan masker dan cairan atau gel pembersih tangan.

"Hal-hal tersebut merupakan tindakan preventif dengan tetap mengutamakan perlindungan bagi awak pesawat dan petugas layanan darat," katanya.
 

Loading...
Loading...