Senin, 23 Maret 2020 16:02 WITA

Pj Wali Kota Makassar Keliling Rumah Ibadah Semprotkan Disinfektan

Penulis: Yuniastika Datu
Editor: Nur Hidayat Said
Pj Wali Kota Makassar Keliling Rumah Ibadah Semprotkan Disinfektan
Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb, terus bekerja memimpin gerakan solidaritas sterilisasi kota melawan penyebaran virus corona atau Covid-19.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb, terus bekerja memimpin gerakan solidaritas sterilisasi kota melawan penyebaran virus corona atau Covid-19 dengan melakukan penyemprotan di area-area publik. 

Setelah menyisir sejumlah jalan-jalan utama, kali ini giliran rumah-rumah ibadah yang menjadi target 'pencucian'.

"Hari ini kita fokus ke rumah-rumah ibadah. Kita keliling lakukan penyemprotan disinfektan, mulai dari masjid, gereja, klenteng, vihara, pura, dan fasilitas publik lainnya," ujar Iqbal Suhaeb saat dimintai keterangan sejumlah wartawan di halaman Masjid Raya Makassar, Senin (23/3/2020).

"Target kita, seluruh public space yang ada di kota Makassar kita lakukan pembersihan. Sambil kita terus meminta kepada masyarakat untuk menghentikan aktivitas di luar dan tinggal di rumah saja," tambahnya.

Dalam aksi 'cuci' kota ini, tim reaksi cepat Pemadam Kebakaran Kota Makassar melakukan penyemprotan dan berkolaborasi dengan tim Relawan dan Bantuan Kemanusiaan FTI UMI.

"Kami berterima kasih kepada pihak-pihak yang selama ini ikut memberikan kepedulian dalam melawan penyebaran Covid-19 di Kota Makassar. Termasuk teman-teman dari relawan dan bantuan kemanusiaan FTI UMI. Semoga kepedulian dan aksi nyata yang diberikan untuk kota kita ini bernilai ibadah di sisiNya," lanjut Iqbal.

Di tempat yang sama Dekan FTI UMI, Dr Zakir Sabara H. Wata mengatakan, aksi 'cuci' yang dilakukan merupakan bentuk solidaritas UMI Makassar untuk bersama seluruh elemen masyarakat menghentikan penyebaran virus berbahaya ini.

loading...

“Sesuai arahan Pak Rektor (Prof. Basri Modding) dan juga hasil kordinasi dengan Pak Wali (Iqbal) hari ini kami turun bersama-sama berkeliling ke rumah-rumah ibadah. Hanya satu cara untuk melawan virus ini yakni bersatu dan kompak dengan seluruh masyarakat," kata Zakir. 

"Hanya saja, percuma kita lakukan semua ini jika instruksi dari pemerintah untuk tinggal di rumah tidak dipatuhi. Makanya sekali lagi kita harus kompak, kita bisa menghentikan penyebaran virus ini dengan semangat Makassar yang kita miliki," ujar Zakir.

Sementara itu, pengurus yang juga juru bicara Klenteng Xian Ma, Peter Gozal mendonasikan tiga kardus masker kepada Pemkot Makassar untuk dibagikan kepada petugas lapangan yang membutuhkan. 

"Kami menjadi bagian dari gerakan solidaritas bersama yang di bangun oleh Pemkot Makassar untuk melawan penyebaran Covid-19. Meski kita tahu sangat sulit untuk melarang orang datang berkumpul di rumah ibadah. Namun usaha itu terus kita lakukan, termasuk meminta untuk menjaga jarak, tetap tinggal di rumah dan menyiapkan fasilitas cuci tangan di kelenteng," ujar Peter Fozal.

Sejumlah rumah ibadah yang didatangi di antaranya, Gereja Katedral, Klenteng Xian Ma, Masjid Raya, serta beberapa rumah ibadah lainnya.

Loading...
Loading...