Senin, 23 Maret 2020 00:15 WITA

Menhan Prabowo Kirim Hercules ke Cina, Pulang Bawa 9 Ton Alat Kesehatan

Editor: Fathul Khair Akmal
Menhan Prabowo Kirim Hercules ke Cina, Pulang Bawa 9 Ton Alat Kesehatan

RAKYATKU.COM - Indonesia berhasil mendapat bantuan 9 ton peralatan medis atau alat kesehatan (alkes) dari Cina untuk mengatasi wabah Covid19. Pesawat hercules yang diperintah Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dalam perjalanan pulang ke Indonesia, Minggu 22 Maret 2020.

Menurut Dubes RI untuk Republik Rakyat Cina (RRC) Djauhari Oratmangun pengiriman pesawat tersebut memang inisiatif Kementerian Pertahanan Republik Indonesia.

Pesawat Hercules C-130 A-1333 milik TNI Angkatan Udara bertolak dari Bandar Udara Internasioal Pudong, Shanghai Minggu dini hari sekitar pukul 00.40 waktu setempat atau Sabtu tengah malam sekitar pukul 23.40 WIB.

Pesawat itu akan transit di Sanya Provinsi Hainan Cina sebelum melanjutkan perjalanan ke Indonesia.

Hercules dari Pangkalan Udara Abdul Rachman Saleh Malang itu terbang pada Sabtu tengah malam 23.40 WIB dan tiba di Pudong pada pukul 22.20 waktu setempat dan langsung melakukan proses pengangkutan (loading), dikutip dari minews.id.

loading...

Semua bantuan dari Cina untuk Indonesia diangkut dari Shanghai dan Guangzhou, Provinsi Guangdong karena Beijing sekarang sedang mengalami peningkatan kasus covid19 yang berasal dari luar negeri.

Wakil Kepala Perwakilan RI di Beijing Dino Kusnadi menyebutkan peralatan kesehatan tersebut bantuan dari berbagai pihak, di antaranya Inacham dan Tsingshan Charity Foundation, berupa masker, pelindung wajah, kacamata, baju pelindung petugas kesehatan, dan alat tes COVID-19.

Bantuan 9 ton itu merupakan tahap pertama karena masih ada bantuan lain dari Cina yang diperkirakan lebih dari 20 ton masih menunggu armada pengangkut.

Loading...
Loading...