Minggu, 22 Maret 2020 10:02 WITA

Rusia Desak AS untuk Cabut Sanksi Terhadap Iran di Tengah Pandemi Covid-19

Editor: Suriawati
Rusia Desak AS untuk Cabut Sanksi Terhadap Iran di Tengah Pandemi Covid-19
Sergei Ryabkov

RAKYATKU.COM - Rusia telah meminta AS untuk mencabut sanksi sepihak terhadap Iran, di tengah pandemi virus corona.

"Kami menghubungi dan menyerukan Amerika Serikat untuk meninggalkan praktik tidak manusiawi, menerapkan sanksi sepihak terhadap Iran, yang memiliki kekurangan sarana akut untuk memecahkan masalah kesehatan mendesak dalam situasi penyebaran virus corona saat ini," kata Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Ryabkov, Sabtu (21/03/2020).

Ryabkov menambahkan bahwa, AS mengejar tujuan geopolitik mereka sendiri.

Selama beberapa minggu terakhir, AS telah menghadapi desakan untuk mencabut sanksi ilegal, yang telah sangat mempengaruhi sistem perawatan kesehatan Iran, pada saat semua negara berusaha untuk bergabung melawan pandemi.

Awal pekan ini, China juga mendesak AS untuk menghapus sanksi terhadap Teheran, karena itu menghambat upaya negara tersebut untuk menahan wabah.

loading...

Namun, bertentangan dengan seruan global, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo pada hari Selasa justru mengumumkan putaran baru sanksi terhadap Iran. Dia mengatakan bahwa itu sebagai bagian dari kampanye "tekanan maksimum" terhadap Republik Islam.

Pada hari Sabtu, Kementerian Kesehatan Iran mengatakan bahwa satu orang meninggal setiap 10 menit di negara itu, karena virus corona.

Dan sejauh ini, virut itu telah menginfeksi 20.610, dan menewaskan 1.556 orang.

Loading...
Loading...