Minggu, 22 Maret 2020 09:34 WITA

Trump Kirim Surat Kepada Kim Jong Un, Tawarkan Bantuan Covid-19

Editor: Suriawati
Trump Kirim Surat Kepada Kim Jong Un, Tawarkan Bantuan Covid-19
INT

RAKYATKU.COM - Presiden AS telah mengirim surat kepada pemimpin Korea Utara, untuk menawarkan bantuan dalam melawan virus corona.

Saudara perempuan Kim Jong Un mengatakan bahwa surat itu adalah "contoh yang baik yang menunjukkan hubungan pribadi yang khusus dan tegas" antara Donald Trump dan Kim.

"Kami menganggap itu sebagai penilaian yang baik dan tindakan yang tepat bagi presiden AS untuk melakukan upaya untuk menjaga hubungan baik yang ia miliki dengan Ketua kami dengan mengirimkan surat pribadi pada saat seperti sekarang," kata Kim Yo-jong, yang menjabat sebagai wakil direktur departemen pertama Komite Sentral Partai Buruh Korea Utara.

Lebih lanjut, Yo-jong mengatakan bahwa surat itu juga menjelaskan rencana untuk mendorong hubungan antara kedua negara di DPRK dan AS.

"Itu juga menyatakan niatnya untuk memberikan kerja sama dalam anti-epidemi, mengatakan bahwa ia terkesan dengan upaya yang dilakukan oleh Ketua untuk membela rakyatnya dari ancaman serius epidemi," tambahnya.

loading...

Korea Utara secara resmi belum melaporkan satu kasus Covid-19, tetapi diduga bahwa mereka hanya menutupi fakta.

Hubungan antara Washington dan Pyongyang telah membeku karena kebuntuan dalam negosiasi denuklirisasi.

Kim telah menetapkan batas waktu akhir tahun bagi AS untuk menunjukkan fleksibilitas dalam negosiasi mereka, tetapi 2019 berlalu tanpa kemajuan.

Meski begitu, para pemimpin negara tampaknya mempertahankan hubungan pribadi yang hangat. Pada Januari, Trump mengirim surat kepada Kim untuk memberi selamat ulang tahun.

Loading...
Loading...