Sabtu, 21 Maret 2020 22:05 WITA

Jarak Tamu Diatur 4 Meter, Pelaku Industri Pernikahan dan Calon Pengantin di Australia Menangis

Editor: Abu Asyraf
Jarak Tamu Diatur 4 Meter, Pelaku Industri Pernikahan dan Calon Pengantin di Australia Menangis
ILUSTRASI

RAKYATKU.COM - Pasangan Scott Maggs dan Emma Metcalf selamat. Namun, 37 tamu di acara pernikahannya 6 Maret 2020, terinfeksi virus corona. 

Kejadian itu membuat pemerintah Australia mengeluarkan aturan baru. Jarak antara satu tamu dengan yang lainnya empat meter persegi. Itu upaya untuk menghindari penyebaran virus corona.

Aturan baru itu memukul pelaku industri pernikahan. Pasangan yang hendak menikah juga dibuat menangis. Upacara sakral yang telah lama mereka rencanakan bisa berantakan.

Banyak pasangan yang menangis karena terpaksa membatalkan pernikahan mereka yang sudah dijadwalkan. Pembatasan pertemuan lebih dari 100 orang diumumkan pekan ini dalam upaya membendung penyebaran virus.

Wabah dan aturan baru telah membuat industri pernikahan merugi Aus $ 4 miliar atau sekitar Rp36 triliun dalam setahun.

"Anda tidak hanya berurusan dengan harus membatalkan sebuah acara ... bahwa orang-orang telah benar-benar bermimpi dan berpikir tanpa henti," ujar Lara Beesley, perencana pernikahan yang berbasis di Sydney seperti dikutip dari AFP.

"Sangat memilukan untuk dilihat. Ada banyak panggilan telepon yang berkaca-kaca," katanya.

Dari toko bunga hingga fotografer, mereka yang bekerja di industri sudah merasakan dampaknya karena pernikahan ditunda tanpa batas waktu, tambahnya.

loading...

Sebelumnya, pernikahan pasangan Scott Maggs dan Emma Metcalf telah memicu munculnya aturan baru. Tiga puluh tujuh tamu dalam acara yang digelar 6 Maret 2020 di Stanwell Tops itu dinyatakan positif terinfeksi virus corona.

Sydney Morning Herald melaporkan, kasus itu diketahui berselang lima hari setelah pesta pernikahan. Saat itu, pasangan pengantin sedang berbulan madu di Maldives. 

Dua tamu undangan memberi kabar bahwa mereka positif Covid-19 yang disebabkan infeksi virus corona SARS-CoV-2. Kabar itu benar-benar membuat keduanya terkejut mengingat ada ratusan orang yang berada lokasi pernikahannya, termasuk Maggs dan Metcalf. 

Tanpa berpikir panjang, Maggs langsung menghubungi para tamu undangan pernikahannya dan meminta mereka untuk melakukan pengecekan kesehatan. Hasilnya, dari 120 undangan yang hadir, ada 37 orang tamu yang dikonfirmasi positif corona.

Pasangan ini langsung kembali ke Sidney dan segera melakukan memeriksakan diri pada hari Senin. Hasilnya, keduanya dinyatakan sehat, negatif Covid-19.
 
"Ini benar-benar gila. Kami saling cium dan peluk sepanjang malam dengan semua orang. Kami tidak bisa menjelaskannya, apalagi mempercayainya," kata Maggs. 

Dari 37 orang yang positif Covid-19, dua di antaranya adalah senator di New South Wales, Andrew Bragg, dan Sally Hawach yang merupakan putri dari pakar periklanan John Singleton. Yang meresahkan, Sally saat ini tengah hamil 30 pekan dan memiliki dua anak yang masih kecil. 

Loading...
Loading...