Selasa, 17 Maret 2020 13:29 WITA

Sulsel Belum Miliki Alat Tes Virus Corona, Gubernur Minta Kadis Kesehatan Adakan Secepatnya

Penulis: Yuniastika Datu
Editor: Abu Asyraf
Sulsel Belum Miliki Alat Tes Virus Corona, Gubernur Minta Kadis Kesehatan Adakan Secepatnya
Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah.

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Ada tujuh rumah sakit di Sulsel yang ditunjuk Kemenkes menjadi rumah sakit rujukan Covid-19.

Ketujuh rumah sakit tersebut yakni RS Wahidin Sudirohusodo, RS Labuang Baji, RS Pelamonia, RS Tajuddin Chalid, RSUD Parepare, RSUD Toraja, dan RSUD Sinjai. 

Ketujuh rumah sakit tersebut difasilitasi peralatan langsung oleh Kementerian Kesehatan. Namun hingga hari ini alat untuk mendeteksi virus corona belum tersedia di Sulsel. Sampel masih harus dikirim ke Litbangkes Kemenkes.

Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah menginginkan Sulsel segera memiliki alat cek virus corona. Pasalnya, setiap sampel pasien dalam pengawasan (PDP) dari Sulsel harus diperiksa di Jakarta untuk memastikan positif atau negatif. 

"Sampel-sampel kita masih dikirim ke Jakarta ya. Berapa hari prosesnya?" tanya Gubernur ke Kadis Kesehatan Sulsel, Ichsan Mustari. 

"Iya pak, semua masih dikirim ke sana (Jakarta). Lebih dari satu hari pak," jawab Ichsan Mustari.

loading...

Nurdin Abdullah meminta kepala Dinas Kesehatan Sulsel berusaha agar segera mendapatkan alat cek tersebut guna mempercepat kepastian sampel PDP yang ada di Sulsel. 

"Kalau begitu kita usahakan itu alat untuk diadakan di rumah sakit kita," ujar mantan sekretaris jenderal Apkasi ini. 

Nurdin Abdullah berharap seluruh masyarakat Sulsel sabar dan sama-sama berusaha untuk melewati fase pencegahan penyebaran virus corona ini. 

"Mudah-mudahan kita bisa melewati fase ini. Mohon pengertiannya kepada seluruh seluruh masyarakat. Kita akan melewati dengan baik dan tertib dan mengikuti seluruh imbauan pemerintah," ungkapnya. 

"Kita harus lebih hati-hati untuk menghadapi ini semua. Yang penting kita disiplin. Kalau kita dilarang keluar rumah, jangan keluar rumah," tutupnya. 
 

Loading...
Loading...