Senin, 16 Maret 2020 15:13 WITA

Empat Anggotanya Tewas Tertembak Termasuk Satu Wanita, OPM Umumkan Duka Nasional

Editor: Abu Asyraf
Empat Anggotanya Tewas Tertembak Termasuk Satu Wanita, OPM Umumkan Duka Nasional
Beberapa pasukan TPNPB-OPM

RAKYATKU.COM - Organisasi Papua Merdeka (OPM) berduka. Empat tentara mereka tewas tertembak pasukan TNI-Polri. Seorang di antaranya wanita.

Mereka tewas dalam kontak senjata di Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua, Minggu (15/3/2020). Sebenarnya ada enam yang tertembak. Namun, dua di antaranya hanya luka-luka.

Ini adalah keberhasilan terbesar pasukan TNI-Polri. Selama ini, lebih sering aparat Indonesia yang tewas tertembak. Seperti pekan lalu, seorang anggota TNI tewas usai berwudu untuk salat subuh.

Tewasnya anggota TPNPB-OPM atau KKSB itu diakui sendiri komandan operasi, Mayor Jenderal Lekagak Telenggen.

"Umumkan duka nasional atas gugurnya lima orang prajurit TPNPB terbaik yang gugur di medan pertempuran Tembagapura," ujar Lekagak dalam keterangan tertulis, Senin (16/3/2020).

Pertempuran terjadi sekitar pukul 13.30 WIT. Panglima Kodap Sinak Brigjen Militer Murib melaporkan, anggota pasukannya gugur di medan perang.

loading...

Mereka yang tewas yakni Mayor Pensiun Mudah Waker (45), Sersan Mayor Moni Waker (30), Mayor Lani Magay (30), dan Letnan II Lera Magay (28). Nama terakhir seorang wanita.

Sementara dua korban luka yakni Letkol Epina Magay dan Letnan Satu Sikop Lawiya Magay.

Tak hanya kehilangan anak buahnya, TPNPB-OPM juga kehilangan senjata. Mereka menyebut kehilangan senjata AK 47 satu pucuk, senjata M-16 satu pucuk, dan senjata AK lipat modern satu pucuk.

Kapolda Papua, Irjen Paulus Waterpauw mengakui telah mengamankan tiga pucuk senjata api. Ada juga panah dan lainnya.

"Kami akan terus melakukan penegakan hukum kepada mereka. Kondisi di Tembagapura sudah relatif aman terkendali, tapi masyarakat belum kembali," kata Waterpauw.

Loading...
Loading...