Sabtu, 07 Maret 2020 06:00 WITA

Siswi Tidak Sekolah Gara-Gara Tak Mampu Beli Pembalut, Perempuan Ini Bikin dari Katun

Editor: Abu Asyraf
Siswi Tidak Sekolah Gara-Gara Tak Mampu Beli Pembalut, Perempuan Ini Bikin dari Katun
T Kannama

RAKYATKU.COM - Ide bisnis kadang muncul dari kesusahan orang lain. Begitu pula usaha yang kini dilakoni T Kannama. Wanita berusia 42 tahun dari Madurai, India.

Beberapa waktu belakangan, dia memulai bisnis memproduksi pembalut wanita. Tidak biasa. Produk buatannya dapat terbiodegradasi. Dia menjamin buatannya lebih sehat bagi wanita.

Menurut Kannama, buku catatan yang dibuat olehnya bertahan selama empat-enam jam berturut-turut. 

Menariknya, ia menggunakan bahan-bahan bubuk neem, lidah buaya, dan triphala yang mengandung sifat-sifat antibakteri dan dapat dengan mudah menyerap bau.

"Saya ingin memproduksi pembalut wanita yang tidak menyebabkan masalah kesehatan. Ini adalah 100 persen serbet kapas murni yang dibuat menggunakan kapas bedah dan kapas. Tidak ada bahan kimia yang digunakan," katanya seperti dikutip dari ANI.

loading...

Dia mengatakan pembalut yang ramah alam sama pentingnya dengan makanan dan air untuk seorang wanita.

"Saya tertarik untuk mengetahui tentang herbal. Ketika minat saya tumbuh, saya meneliti dan berpikir untuk melakukan sesuatu pada kebersihan menstruasi," katanya.

"Saya mulai menciptakan kesadaran di sekolah di antara para siswa tentang kebersihan menstruasi. Juga belajar bagaimana para siswa perempuan berjuang ketika mereka menggunakan pakaian. Beberapa bahkan tidak bersekolah selama hari-hari periode mereka karena mereka tidak mampu membeli pembalut biasa," kata Kannama.

Setelah menerima umpan balik dari wanita kurang mampu, Kannama memulai bisnis membuat pembalut buatan rumah yang terjangkau.

Loading...
Loading...