Selasa, 03 Maret 2020 18:42 WITA

Kepada Menteri Agama, Rektor Perkenalkan Gerakan Unhas Mengaji dan Salat Berjemaah

Editor: Abu Asyraf
Kepada Menteri Agama, Rektor Perkenalkan Gerakan Unhas Mengaji dan Salat Berjemaah
Menteri Agama Fachrul Razi bersama Rektor Unhas, Prof Dwia Aries Tina. (FOTO: DOK UNHAS)

RAKYATKU.COM - Menteri Agama, Fachrul Razi terus mengampanyekan moderasi bergama. Termasuk saat berkunjung ke kampus Universitas Hasanuddin, Selasa (3/3/2020).

Purnawirawan jenderal TNI itu datang didampingi Rektor UIN Alauddin, Prof Hamdan Juhannis. Mereka disambut Rektor Unhas, Prof Dwia Aries Tina. Juga sejumlah wakil rektor dan petinggi lainnya.

Menag diterima di ruang senat akademik lantai 2 gedung Rektorat Unhas. Di situ Jenderal Fachrul Razi menyampaikan tausiyah. Temanya, "Pemuda Indonesia Unggul untuk Indonesia Maju".

"Kami punya program moderasi beragama. Program ini bukan untuk memoderatkan agamanya. Sebab, agama itu pada dasarnya moderat," kata Menag.

"Cara kita beradaptasi dan beragama itu yang perlu kita moderatkan. Kami selalu ingin mengajak semua pihak untuk meningkatkan toleransi dalam setiap kehidupan. Sebab, ini merupakan bagian dari kekuatan kita," tambah Fachrul Razi. 

Kepada Menteri Agama, Rektor Perkenalkan Gerakan Unhas Mengaji dan Salat Berjemaah

loading...

Pada akhir tausiyahnya, Menteri Agama mengajak peserta yang hadir untuk menunjukkan bahwa Islam menekankan perdamaian dan toleransi. Ini kunci kerukunan dan pemersatu di antara banyaknya perbedaan yang ada di Indonesia.

Rektor Unhas Prof Dwia sempat memberikan sambutan singkat. Mengucapkan terima kasih atas kesediaan Menteri Agama berkunjung dan bertemu dengan mahasiswa serta sivitas akademika Unhas. 

Prof Dwia mengatakan, Unhas selalu berupaya untuk menerapkan sikap toleransi di antara umat beragama yang ada di Unhas. 

"Perlu kami sampaikan bahwa 16 fakultas yang ada di Unhas memiliki musala yang dikelola dengan baik. Selain itu, kita menyediakan wadah pengembangan dan pembinaan keagamaan melalui organisasi seperti Mahasiswa Pencinta Musala (MPM)," katanya.

"Kita juga ada Gerakan Unhas Mengaji dan Salat Berjemaah yang dilaksanakan setiap hari Selasa. Ini semua dimaksudkan untuk memperkuat karakter mahasiswa dengan berbasis nilai-nilai keagamaan," jelas Prof Dwia. 

Loading...
Loading...