Selasa, 03 Maret 2020 17:09 WITA

Pembicara di LK 2 HMI Sidrap, Danny: Yang Bisa Kuasai Dunia Pemimpin Berani, Bukan yang Pintar

Editor: Abu Asyraf
Pembicara di LK 2 HMI Sidrap, Danny: Yang Bisa Kuasai Dunia Pemimpin Berani, Bukan yang Pintar
Mantan Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto menjadi pembicara pada Latihan Dasar Kepemimpinan (LK) 2 Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) di Sidrap, Selasa (3/3/2020).

RAKYATKU.COM,SIDRAP - Mantan Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto menjadi pembicara pada Latihan Dasar Kepemimpinan (LK) 2 Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) di Sidrap, Selasa (3/3/2020).

Di hadapan puluhan peserta, pria berlatar belakang arsitek ini mengatakan, pemimpin yang hebat adalah orang yang bisa menembus batas. Artinya pemimpin bisa menjaga amanah kepada semua rakyatnya.

"Seorang pemimpin itu mampu melihat apa yang bisa dilihat. Biar pun persoalan yang terjadi sekecil apapun. Intinya seorang pemimpin harus amanah dan bertanggung jawab terhadap yang diemban. Pemimpin harus berani ambil keputusan," kata Danny Pomanto.

Dia menjelaskan, pemimpin yang berhasil di dunia adalah pemimpin yang punya adaptif leadership. Artinya, pemimpin tersebut bisa beradaptasi dengan baik dalam situasi apapun.

"Namun, pada intinya dalam dunia ini bahwa setiap orang adalah pemimpin yang bisa memimpin diri sendiri. Orang yang bisa menguasai dunia adalah pemimpin yang berani bukan yang pintar," lanjutnya.

Danny sedikit mengulas bagaimana perjalanan kariernya hingga bisa menjadi seorang pemimpin di Kota Makassar. Pada 2013-2018 ia menjadi wali kota Makassar dan mampu membuat beberapa program unggulan.

loading...

"Saya 21 tahun jadi dosen arsitek karena orang tua saya dulu ingin saya jadi dosen. Kemudian setelah orang tua saya meninggal, maka saya kembali ke dunia profesional dan pada akhirnya dipercaya mengemban amanah sebagai wali kota Makassar," ucap alumni Fakultas Teknik Unhas itu.

Menjadi wali kota ia mengaku membuka diri pada setiap warganya. Dirinya selalu siap menerima aspirasi dari warga dan meresponnya dengan cepat.

"Setiap pagi sebelum pergi ke kantor, saya menerima tamu dulu dan mendengar bagaimana aspirasi warga," katanya.

Pada LK 2 HMI Sidrap ini, Danny Pomanto sempat membuat games. Menguji daya pikir para peserta bagaimna mengambil keputusan dengan cepat dan tepat. Selain itu ia juga sempat berdiskusi tentang kepemimpinan yang baik.

Loading...
Loading...